Gudang penggilingan daur ulang limbah plastik di Agam terbakar

Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang menjalar di gudang penggilingan daur ulang limbah plastik di Cumateh, Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Kamis (3/5). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) – Gudang penggiling daur ulang limbah plastik di Cumateh, Sungai Jariang, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, hangus terbakar akibat arus pendek, Kamis (3/5) sekitar pukul 16:00 WIB.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Agam, Dandi Pribadi didampingi Kasi Operasional dan Penyelamatan, Maswar di Lubukbasung, Kamis, mengatakan akibat kejadian itu bangunan gudang, seluruh peralatan dan sebagian plastik hasil daur ulang hangus terbakar.

“Diperkirakan korban mengalami kerugian sekitar Rp100 juta dan tidak ada korban jiwa,” katanya.

Ia mengatakan kebakaran ini diperkirakan akibat arus pendek listrik, sehingga mengeluarkan percikan api yang menyala ke seluruh bangunan tersebut.

Untuk memadamkan api, Satpol PP Damkar mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran beserta anggota pemadam sebanyak 10 orang.

“Api padam beberapa menit setelah mobil pemadam kebakaran sampai di lokasi,” katanya.

Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara memastikan api kompor sudah padam, menjauhkan bahan mudah terbakar dari sumber api.

Selain itu, mengganti jaringan listrik rumah yang sudah berusia puluhan tahun.

“Ini harus dilakukan agar tidak menjadi korban kebakaran,” katanya.

Sementara itu pemilik gudang, Joni mengatakan, api dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan akibat material bangunan berasal dari kayu dan ditambah bahan di sekitar gudang mudah terbakar.

 

“Dengan kondisi itu gudang dan mesin hangus terbakar. Saya akan meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban kebakaran,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 34 = 43