Gubernur Sumbar lepas kloter pertama Embarkasi Padang

Pelepasan Kloter I Embarkasi Padang di Asrama Haji Tabing Padang. Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi.

Padang, (Antaranews Sumbar)- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno secara resmi melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama calon haji Embarkasi Padang di Asrama Haji Tabing, Senin malam.

Pada kesempatan itu Irwan berpesan kepada seluruh jamaah haji asal Sumbar agar mempersiapkan diri secara fisik dan mental karena ibadah haji penuh dengan tantangan.

“Calon haji yang berangkat tahun ini adalah orang yang terpilih karena masa tunggu untuk berangkat haji saat ini di Sumbar telah mencapai 17 tahun di daerah lain bisa lebih lama,” kata dia.

Ia mengimbau calon haji agar memanfaatkan dengan baik kesempatan yang ada dengan memaksimalkan ibadah di Tanah Suci.

Pelepasan dilakukan dengan serah terima bendera merah putih oleh Gubernur kepada ketua kloter I di saksikan anggota Komisi VIII DPR Asli Chaidir, Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Sumbar Hendri dan lainnya.

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Sumbar Hendri menyampaikan kloter pertama berjumlah 392 orang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Selasa 17 Juli 2018.

Jamaah akan berangkat pada pukul 07.20 WIB dari Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman menuju Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 300 ER.

Total calon jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada 2018 berjumlah 6.367 terdiri atas 17 kelompok terbang.

Dari 6.367 orang tersebut sebanyak 4.646 orang berasal dari Sumbar dan 1.641 orang Bengkulu serta didampingi 80 petugas haji, kata dia.

Untuk kloter I semua jamaah berasal dari kota Padang dengan jamaah tertua bernama Sabarudin Maisin usia 80 tahun dan termuda Alvin Rianda usia 16 tahun.

Sementara Anggota Komisi VIII DPR Asli Chaidir mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan kondisi penginapan dan pelayanan jamaah di Tanah Suci dam memastikan pada tahun ini kondisinya lebih baik.

Ia berpesan agar calon haji menjaga kondisi kesehatan karena cuaca saat di Tanah Suci cukup panas dengan banyak minum air dan mengonsumsi buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 + = 95