Enam Destinasi Wisata Tambahan untuk Pertemuan IMF-WB

Enam Destinasi Wisata Tambahan untuk Pertemuan IMF-WB                  Teluk Hijau, salah satu destinasi wisata alam di Banyuwangi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah dan Bank Indonesia menyiapkan enam destinasi wisata tambahan yang berlokasi di luar Bali untuk dinikmati sekitar 15 ribu anggota delegasi Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) pada 8-14 Oktober 2018.

“Kementerian Pariwisata akan siapkan minimal enam destinasi, antara lain Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Danau Toba Sumatera Utara, Candi Borobudur, dan Banyuwangi,” kata Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF- World Bank 2018, Peter Jacobs di Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara.

Destinasi wisata di luar Bali, kata Peter, memang dioptimalkan untuk menambah ragam wisata bagi belasan ribu anggota delegasi dari 189 negara anggota IMF-WB.

Slot penerbangan, akses transportasi darat dan laut juga akan ditambah untuk menambah konektivitas saat rangkaian pertemuan berlangsung.

“Penambahan destinasi membuat manfaat sektor pariwisata tak hanya dirasakan Bali, tapi juga daerah lainnya,” ujar Peter.

Ke-enam destinasi wisata tersebut merupakan enam dari 10 lokasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan pada tahun ini.

Peter lanjut mengatakan, jumlah destinasi bisa saja ditambah, mengingat rangkaian acara pertemuan tahunan akan berlangsung sepanjang tahun.

Selama perhelatan pada 8-14 Oktober 2018, panitia penyelenggara memperkirakan akan terdapat tambahan perputaran uang minimal US$100 juta (sekitar Rp1,3 triliun).

Nilai perputaran uang tersebut juga belum ditambah dengan kesepakatan investasi atau perjanjian bisnis yang bakal disepakati para delegasi dalam rangkaian pertemuan tersebut.

Panitia penyelenggara memperkirakan pertemuan tahunan IMF-WB 2018 akan mendatangkan 4.000 anggota delegasi resmi setingkat menteri, gubernur bank sentral beserta jajarannya dari 189 negara anggota IMF-WB.

Kemudian, delegasi juga akan mencakup 5.000 investor, 1.000 peninjau, 1.500 karyawan IMF dan WB, serta ribuan pengusaha serta wartawan.

Puncak pertemuan IMF-WB 2018 akan berlangsung pada 12-14 Oktober 2018.

Namun, acara sela seperti diskusi dan pertemuan bisnis dalam rangkaian pertemuan tersebut akan berlangsung sejak 8-14 Oktober 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

79 − = 77