Embarkasi Padang Berangkatkan 6.349 Calon Haji

 

Calon haji di Embarkasi Padang

 

 

 

IHRAM.CO.ID, PADANG — Embarkasi Padang, Sumatra Barat akan memberangkatkan 6.349 orang calon jamaah haji pada tahun ini. Seluruh jamaah akan terbagi ke dalam 17 kelompok terbang (kloter), dengan rincian 16 kloter penuh dan satu kloter gabungan dengan provinsi lain.

Setiap kloter terdiri dari 393 orang. Kloter pertama akan berangkat 17 Juli 2018 dan kloter 16 dijadwalkan menuju Madinah pada 3 Agustus 2018.

Embarkasi haji Padang memberangkatkan calon jamaah haji dari Sumatra Barat sebanyak 4.628 orang dan Bengkulu sebanyak 1.641 orang. Selain itu, sedikitnya 80 orang petugas haji juga akan mendampingi para jamaah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Afrijal, menyebutkan calon jamaah haji kloter pertama dijadwalkan masuk pemondokan pada Senin (16/7) mendatang. “Persiapan kami sudah matang. Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) sudah dilantik dan sudah mengadakan rapat bersama,” ujar Afrijal, Jumat (13/7).

PPIH juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumbar terkait penanganan calon jamaah haji berisiko dan lanjut usia. Tercatat, 60 persen lebih calon jamaah haji dari embarkasi Padang berusia 60 tahun ke atas.

“Jamaah risti, sudah kami koordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Semua sudah ditangani,” katanya.

Seluruh calon jamaah haji dari Embarkasi Padang nantinya akan diterbangkan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Boeing 777. Jamaah asal Sumbar nantinya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan, pembagian biaya hidup, pemeriksaan dokumen, dan pembagian boarding pass pesawat setelah masuk di pemondokan haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 6