Dunia Keluarkan Imbauan Perjalanan ke Indonesia

Dunia Keluarkan Imbauan Perjalanan ke Indonesia

 

 

Jakarta: Beberapa negara mengeluarkan imbauan perjalanan ke Indonesia sejak peristiwa serangan bom berturut-turut melanda tanah air.

Salah satu yang terdekat datang dari Singapura sebagai negara tetangga yang mengeluarkan travel notice untuk Surabaya, Indonesia. Imbauan tersebut dikeluarkan melalui situs resmi Kementerian Luar Negeri Singapura, mfa.gov.sg pada Senin, 14 Mei 2018 yang berisi kronologis peristiwa pengeboman dan pernyataan pihak berwenang Indonesia akan status siaga keamanan tertinggi di beberapa daerah termasuk Jawa Timur.

“Kami menyarankan warga Singapura yang bepergian ke atau sudah di Surabaya untuk berhati-hati, tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk keselamatan pribadi mereka. Anda juga harus memperhatikan instruksi dari pemerintah setempat, dan pantau terus berita lokal,” demikian isi pernyataan tersebut.

Warga Singapura didorong untuk melakukan e-registrasi dengan Kementerian Luar Negeri di https://eregister.mfa.gov.sg/ dan tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman serta membeli asuransi perjalanan dan kesehatan yang komprehensif.

Selain itu, otoritas Inggris juga mengeluarkan pernyataan serupa. Inggris dengan rinci menyebut bukan hanya serangan teroris berturut-turut yang terjadi melainkan hingga bencana alam dan penyakit hingga konflik etnis.

“Pada 13 Mei 2018 terjadi ledakan di tiga gereja di Surabaya di Jawa Timur yang menyebabkan sejumlah kematian dan korban jiwa. Kedutaan Besar melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat. Jika Anda berada di area tersebut, Anda harus memantau media lokal, berhati-hati, dan mengikuti saran dari otoritas lokal,” tutur himbauan dari Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran (FCO) di www.gov.uk pada Minggu, 13 Mei 2018.

Imbauan itu juga menyatakan teroris sangat mungkin mencoba melakukan serangan lagi di Indonesia dengan rencana, kapasitas, dan niat kapan saja dan di mana saja.

Jenis-jenis serangan termasuk pengeboman bunuh diri dan tembakan senjata ringan, yang menargetkan tempat-tempat umum dan ramai.

Ancaman dari ekstremisme Islam tetap tinggi walaupun pihak berwenang Indonesia terus menggagalkan perencanaan serangan, termasuk menangkap dugaan teroris yang dilaporkan dalam tahap persiapan lanjutan.

“Anda harus sangat waspada selama periode liburan termasuk periode Natal dan Tahun Baru, Tahun Baru Imlek, Hari Paskah dan Hari Raya Nyepi (Tahun Baru Bali) (17 Agustus),” lanjut FCO.

Mereka juga menyebut kondisi Gunung Agung, Gunung Sinabung, dan Gunung Merapi yang kembali tidak stabil dengan aktivitas gunung-gunung berapi mulai tampak seperti Gunung Merapi.

Secara spesifik, Aceh, Provinsi Sulawesi Tengah (terutama Palu, Poso dan Tentena), Provinsi Maluku (khususnya Ambon), Papua dan Provinsi Papua Barat dihimbau untuk dihindari karena potensi kekerasan. Otoritas kesehatan Inggris juga mengklasifikasikan Indonesia memiliki risiko penularan virus Zika.

Hal yang sama juga dilakukan Amerika Serikat melalui Kedutaan Besarnya juga melakukan hal yang sama pada Minggu, 13 Mei 2018, dengan menyebut rinci peristiwa tiga ledakan bom di gereja-gereja berikut di Surabaya.

“Gereja Santa Maria (GKSM) Tak Bercela di Ngagel, Gubeng; Gereja Kristin Indonesia (GKI), Jalan Raya Diponegoro; Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS), Jalan Raya Arjuna. Ada laporan tentang korban. Pihak berwenang membersihkan area tersebut,” ungkap pernyataan dalam id.usembassy.gov.

Kedutaan Besar AS merinci aksi yang dapat dilakukan oleh warganya yang berada di Indonesia yakni dengan mencari tempat berlindung yang aman, tinjau rencana keamanan pribadi, pantau media lokal untuk pembaruan, dan sadari lingkungan sekitar.

Selain itu, Kedutaan Besar Hong Kong juga menghimbau warganya yang akan ke Indonesia melakukan registrasi berpergian atau registration for outbound travel information (ROTI) serta waspada akan lingkungan sekitar dan menghindari kerumunan demonstrasi.

Lebih lanjut, Pemerintah Kanada juga mengeluarkan level risiko perjalanan ke Indonesia karena ketegangan politik dan sosial dan ancaman terorisme di seluruh negeri sejak Jumat, 11 Mei 2018 di travel.gc.ca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

29 − = 19