Ditutup Bagi Truk dan AKAP, Jalan Rimbo Panti-Duo Koto Amblas

Ditutup Bagi Truk dan AKAP, Jalan Rimbo Panti-Duo Koto AmblasJalan longsor ruas Panti-Duokoto, tengah dalam pengerjaan oleh pihak rekanan. YUDHIPASAMAN,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HARIANHALUAN.COM-Satlantas Polres Pasaman, tutup sementara jalur Rimbo Panti-Duokoto, Kecamatan Panti, untuk kenderaan roda enam (Truk dan Bus AKAP), menyusul amblasnya ruas jalan tersebut akibat longsor.
Kepala Satuan Lalulintas Polres Pasaman, AKP Angga Putra Kristyadika mengatakan, longsor hingga mengakibatkan badan jalan terban di jalur rimbo Panti-Duokoto, tertutup untuk dilewati truk dan bus AKAP.

“Untuk jalan di Km 6 Batu Ampar, Panti perkembangan terakhir untuk kendaraan pribadi tetap dapat dilewati. Akan tetapi untuk kendaraan roda enam ke atas tidak bisa dilewati,” kata AKP Angga saat dihubungi HarianHaluan.Com, Ahad (5/8)..

Pihaknya, kata dia, sudah mengambil sejumlah langkah pengamanan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas di ruas jalan tersebut. Sebab, kata dia, sebagian badan jalan penghubung ke Simpangampek, Pasbar itu amblas. “Kita memperlebar jalan secara manual kurang lebih 30 Cm, kesisi tebing agar tidak terlalu dekat dengan jarak longsornya,” katanya.

Pihaknya, juga membuat papan himbauan pengalihan jalan di pintu masuk jalur Panti-Duokoto tersebut, agar tampak oleh para sopir Bus dan Truk sehingga tidak lagi melewati jalur tersebut. “Kita membuat papan himbau dari arah Panti menuju ke atas. Untuk kendaraan besar kita alihkan melewati jalur alternatif, yakni ruas Kumpulan-Tigonagari,” sebutnya.

Langkah berikutnya, kata AKP Angga, pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Satlantas Polres Pasbar, agar juga melarang kenderaan beroda enam tidak melewati jalur tersebut.”Kita meminta, kendaraan besar dari arah Pasaman Barat menuju Pasaman agar dialihkan juga lewat jalan alternatif yang kita sebutkan tadi,” katanya.

AKP Angga juga mendesak pihak rekanan yang sedang melakukan perbaikan jalan amblas tersebut dapat mempercepat pekerjaannya sehingga jalur Panti-Duokoto dapat kembali dilewati oleh berbagai jenis dan tipe kenderaan.

“Kita koordinasi dengan pekerja dan pemborong, agar dikerjakan siang-malam. Sehingga cepat selesai dan dapat dilintasi kembali. Dan, saya akan memantau pelaksanaanya,” imbuhnya. (h/yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + = 9