Dinas Pangan Padang Jamin Stok Pangan Kota Padang Aman Hingga Tiga bulan Kedepan

Dinas Pangan Padang Jamin Stok Pangan Kota Padang Aman Hingga Tiga bulan Kedepan                      Pertemuan rutin OPD di media center Padang, Rabu (28/2/2018)

PADANG – Kepala Dinas Pangan Kota Padang Zalbadri mengungkapkan, “Dinas Ketahanan Pangan Kota Padang banyak agenda yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilakukan. Apa lagi menyangkut inflasi daerah Kota Padang, dimana kita harus mengendalikan inflasi ini terutama dua komoditi beras dan cabe,” ucap Zalbadri.

Lanjutnya, Hingga saat ini, Kota Padang baru mampu menyediakan kebutuhan pangan sekitar 45 persen bagi 914.968 jiwa. Sisanya, sekitar 55 persen kebutuhan pangan masih dipasok dari wilayah tetangga.

“Kami jamin ketersediaan pangan aman hingga 3 bulan kedepan. Lebih separuhnya kebutuhan pangan dipasok dari Solok, Alahan Panjang, Padang Panjang, dan Pessel,” ujar Kepala Dinas Pangan Kota Padang Zalbadri saat pertemuan rutin organisasi perangkat daerah (OPD) di Media Center, Balai Kota Padang, Air Pacah, Rabu (28/2/2018).

Dikatakan Zalbadri, melihat dari ketersediaan pangan yang berasal dari kemampuan produksi pangan daerah, Kota Padang belum mampu menyediakan pangan sendiri untuk penduduknya, kecuali komoditi ikan yang masih surplus.

Tambahnya, Ketersediaan pangan di Padang memang tergantung terhadap cuaca, sehingga pihaknya juga dapat mengantisipasi sejak dini terkait pergolakan yang terjadi.

Sementara untuk beras dan pangan lainnya, Zalbadri sebutkan stok tiga bulan kedepan aman terkendali bahkan cadangan yang ada juga untuk mereka yang tak mampu dan cadangan bagi masyarakat dalam menghadapi Ramadhan 1439H.

“Beras yang ada juga disiapkan untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan harga maka kita langsung operasi pasar,” pungkasnya.

Lanjut Zalbadri, untuk meningkatkan ketersediaan pangan ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pangan yakni, pembinaan lumbung pangan masyarakat, telah dilaksanakan kepada 12 kelompok yang tersebar di enam kecamatan.

Selain itu, pembinaan desa mandiri pangan. Pembinaan lima kelompok mandiri pangan yang telah memanfaatkan kegiatan Desa Mandiri Pangan dalam bentuk penguatan modal kelompok yang digunakan untuk usaha ekonomi produktif. (RI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 30 = 35