Diduga Culik Anak dan Diajak Ngemis, Pria Ini Diciduk di Pantai Gandoriah

Diduga Culik Anak dan Diajak Ngemis, Pria Ini Diciduk di Pantai GandoriahKapolres Kota Pariaman, AKBP Andry Kurniawan, saat menginterogasi pelaku penculikan anak di Mapolresta Pariaman, Sabtu,(20/7). TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM–Kepolisian Resor Kota Pariaman, mengamankan pria berinisial H (28), dalam kasus penculikan anak di bawah umur yang berasal dari Tanah Abang, Jakarta.

“Pelaku diamankan aparat di Pantai Gandoriah, Jumat (20/7) 16.00 WIB bersama seorang bocah berinisial P (5),” kata Kapolres Kota Pariaman, AKBP Andry Kurniawan, kepada wartawan, Sabtu,(20/7).

Andry mengatakan, pelaku diamankan karena warga curiga melihat tindak tanduk pelaku.

Kecurigaan warga bertambah ketika menanyakan hubungan tersangka H dengan korban yang sempat mengaku anak kandung. Namun pengakuan korban (anak), H hanya sebatas paman.

Karena merasa janggal itu warga akhirnya mengamankan pelaku H, beserta korban yang masih polos, dan menghubungi pihak kepolisian.

Berdasarkan pengakuan tersangka, ia bersama korban dari Tanah Abang, Jakarta melalui jalur darat menaiki bus dan sampai ke Pariaman pada Selasa (17/7).

Saat diperiksa di kantor polisi, pelaku selama berada di Kota Pariaman, mengajak korban mengemis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tinggal tidak menetap.

Dikatakan Andry, pelaku pernah ditahan pada tahun 2011 atas kasus penculikan anak di bawah umur.

“Atas perbuatannya pelaku dapat dikenakan pasal 83 Undang-Undang nomor 17 tahun 2016 tentang perlindungan anak dengan ancaman kurungan penjara maksimal 15 tahun,” ujarnya.

Namun, pihak kepolisian Kota Pariaman terus mendalami kasus ini untuk mengetahui motif sebenarnya.

“Kami juga telah mengirim laporan ke Polsek Tanah Abang Jakarta atas kasus tersebut, dan personel dari Jakarta sedang menuju Pariaman,” kata Kapolres. (h/tri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 5 =