Diam-diam, Harga Bawang Putih Naik Rp10 Ribu per Kilogram

image_title

VIVA – Dalam waktu sepekan, harga bawang putih, bawang merah dan cabai ternyata mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Penyalur bawang putih di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Khairul mengatakan, harga bawang putih Kating di berkisar Rp32-Rp33 ribu perkilogram. Sedangkan bawang putih biasa seharga Rp21 ribu hingga Rp22 ribu per kilogram.

Mahalnya bawang putih juga mengakibatkan konsumennya membeli dengan jumlah sedikit. “Yang biasanya beli sekuintal sekarang cuma ambil 20 Kg, terus yang biasa beli 20 Kg, sekarang Cuma 10 Kg,” ujar Khairul di lokasi, Rabu, 28 Februari 2018.

Khairul menjelaskan, peraturan Menteri Pertanian yang mewajibkan importer menanam lima persen dari total jumlah impornya sudah dijalankan. Namun demikian, dibutuhkan waktu untuk panen.

Bahkan, biaya menanam bawang putih pun bisa lebih mahal daripada hasil panen.  Selain itu, tetap saja kebutuhan lebih tinggi dibandingkan pasokannya.

Ia melanjutkan, harga yang mahal dipastikan merugikan konsumen dan juga para pedagang.
“Kita ini hampir sama dengan berjudi sekarang, semua tidak jelas. Kalau ambil banyak, takut besok harganya turun. Kalau ambil sedikit, takutnya besok harga naik. Ini seperti ayunan,” kata dia.

Kepala Pasar Santa, Jakarta Selatan, Ahmad Subhan menambahkan, untuk harga bawang putih di pasarnya bahkan dijual dengan harga Rp40 ribu perkilogram dan bawang putih mengalami kenaikan Rp5.000. Dari harga sebelumnya Rp 35 ribu.

“Kenaikan harga bawang putih sudah sejak seminggu lalu. Faktornya karena cuaca dan hujan. Namun permintaan konsumen tetap. Sebab, sudah banyak pelanggan yang juga memenuhi kebutuhannya dan memahami adanya kenaikan,” ujar Yadi,

Salah satu konsumen atau pembeli bawang dan juga cabai, Ibu Rumah Tangga, Lisa, 34, menambahkan, kalau beli cabai 2 ons harganya Rp 5.000, itu juga sudah banyak.

“Kalau bawang putih beli eceran Rp2.000 dapet 4 biji. Harusnya turun dan normal kembali. Harus dicek sama pemerintah,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

46 + = 53