Di Padang, Relokasi Pedagang Pasar Tanpa Rusuh

Di Padang, Relokasi Pedagang Pasar Tanpa Rusuh

PADANG,HALUAN—Sebagian dari 320 pedagang yang berjualan disekitar badan Jalan Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan, mulai berdagang di lantai dua bangunan Pasar Bandar Buat.

Sebagian dari mereka yang dipindahkan sehari sebelumnya, ada juga yang masih berberes lokasi dagangannya. Pantauan Haluan, pemindahan tersebut berlangsung aman dan tertib. Tidak tampak perlawanan yang diberikan pedagang kepada petugas yang membongkar lapak milik mereka.

Dasmawerni salah seorang pedagang yang direlokasi ke dalam bangunan mengatakan, menerima pemindahan pedagang. Namun dengan harapan ada aturan tegas dari pemerintah agar semua pedagang tidak diperbolehkan lagi untuk kembali berjualan di bawah bangunan pasar.

“Saya sangat setuju dipindahkan, asalkan pengawasan dan petugas keamanan yang berjaga tidak tebang pilih. Jika ada pedagang yang kembali turun keb awah. Petugas harus dengan berani memberikan teguran dan memindahkan pedagang untuk kembali berjualan diatas,”kata pedagang sayur ini.

Lebih lanjut Dasmawerni menuturkan, ini bukanlah pertama kalinya pedagang dipindahkan ke dalam bangunan.

Menurut Kepala UPTD Pasar Bandar Buat Hamdani pemindahan pedagang kali ini sudah yang kelima kalinya. Pedagang selalu turun kembali berjualan ke bawah karena beberapa kendala seperti fasilitas yang sewaktu itu belum memadai, dan kurangnya pengawasan. Fasilitas untuk pedagang, katanya, sudah dipenuhi seperti atap yang telah diperbaiki sehingga tidak bocor lagi, kemudian adanya fasilitas  musala, dan toilet.

“Kami akan terus mengawasi pedagang agar tidak kembali turun keluar bangunan Pasar Bandar Buat,”ujar Hamdani.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan pemindahan lokasi berjualan pedagang tersebut guna mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di kawasan itu. Selain itu, pedagang pun akan mendapatkan tempat berjualan yang lebih bersih dan tertata rapi.  (h/mg-mel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 + = 59