Cegah Kejahatan di Medsos, Polda Sumbar Bentuk Satgas Cyber Troop

PADANG, HARIANHALUAN – Polda Sumbar membentuk Satgas Cyber Troop untuk melakukan monitoring kejahahatan di media sosial jelang Pilkada serentak empat kota di Sumbar. Tim ini khusus memantau media sosial dan mencegah terjadinya provokasi yang berlanjut ke kisruh.

Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol Bayu Wisnumurti mengatakan, pembentukan satgas Satgas Cyber Troop sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

Dalam simulasi, Satgas Cyber Troop menggerebek rumah pelaku ujaran kebencian terhadap Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah dengan menuduh melakukan politik uang. Pelaku ujaran kebencian tersebut dapat ditangkap dan dijerat Pasal 28 ayat 2 Undang-undang ITE.

Polresta Padang sendiri sudah bersiap untuk melakukan antisipasi dalam dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 2018. Simulasi pengendalian massa pun digelar. Skenario lainnya, adanya pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Massa yang tak puas menyerbu KPU, polisi melakukan pengamanan.

Saat simulasi, massa yang datang sambil berorasi ditemui tim negosiator untuk berdiskusi. Namun diskusi menemui jalan buntu yang membuat massa emosi dan kehilangan kesabaran. Massa mulai melakukan pelemparan batu dan air mineral.

Anggota dalmas dengan tameng terus menghalangi massa yang berusaha membuat kerusuhan lain, yakni membakar Kantor KPU. Tindakan tegas dilakukan. Personil Dalmas dibantu mobil water canon mendesak agar massa mundur. Personil pengurai massa (Raimas) dengan motor trailnya juga berusaha membubarkan massa dengan tembakan .

Brigjen Pol Bayu Wisnumurti mengatakan, dengan diadakannya simulasi tersebut dapat mempersiapkan para personil untuk menghadapi Pilkada serentak mendatang. Dengan demikian, apabila hal tersebut benar terjadi mental dan fisik tim gabungan sudah terlatih dan siap siaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 5