Buang Sampah Sembarang di Payakumbuh Didenda Rp50 Juta

Buang Sampah Sembarang di Payakumbuh Didenda Rp50 JutaIlustrasi (haluan)

 

 

 

 

 

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM–Masyarakat Kota Payakumbuh, harus meningkatkan kepeduliannya membuang sampah pada tempa yang sudah disediakan. Hal itu dikarenakan, pihak Satpol PP Payakumbuh bakal memberikan tindakan tegas bagi warga yang membuang sampah sembarangan.

Ancaman tindak pidana ringan (tipiring) dengan kurungan paling lama 6 bulan dan denda Rp50 juta rupiah menanti para pelanggar.

“Benar, dalam rangka menegakkan Perda Kota Payakumbuh No. 4 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah, kami akan melakukan penindakan tipiring bagi warga yang melanggar Perda tersebut,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Payakumbuh Devitra kepada wartawan, Kamis (28/6).

Untuk itu, Satpol PP Payakumbuh akan mengadakan razia gabungan pada tempat pembuangan sampah di seluruh sudut Kota Payakumbuh.

“Kami akan turunkan tiga regu untuk merazia warga yang tidak tertib setiap hari. Bersama Satgas dari Dinas Lingkungan Hidup memberikan sosialisasi maupunedukasi agar warga mematuhi Perda,” tutur Devitra.

Devitra mengatakan, pada tahap awal Satpol PP akan melakukan tindakan non yustisi berupa sosialisasi dan peneguran terhadap pelanggar Perda.

“Selama tiga bulan ke depan, kami akan gencar melakukan razia sambil memberikan pembinaan kepada publik. Target yang diharapkan memang bukan menangkap basah warga yang tidak tertib namun bagaimana warga juga bertanggungjawab  terhadap kebersihan kota. Jika masih kedapatan, kami bakal tipiring” ujarnya.(h/ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 27 = 29