Balap Sepeda Menyusuri NTB di Tour de Lombok Mandalika 2017

Balap Sepeda Menyusuri NTB di Tour de Lombok Mandalika 2017

 

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia tampaknya semakin gencar untuk memadukan industri olahraga sembari memajukan sektor pariwisata. Salah satu ajang yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Tour de Lombok Mandalika 2017.

Ajang balap sepeda bertaraf internasional ini direncanakan digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-16 April 2017. Nantinya, para peserta yang berasal dari 21 negara bakal menempuh empat etape, yakni Mataram-Kuta Lombok Tengah (126 kilometer), Kuta-Sembalun (115 km), Pelabuhan Bangsal-Senaru (113 km), dan diakhiri di Mataram (sprint race).

Dari empat etape tersebut, pada peserta akan menyusuri kawasan pantai juga pegunungan di wilayah NTB.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal menyatakan, Tour de Lombok Mandalika telah mendapatkan lisensi kategori 2.2 dari Persatuan Sepeda Internasional (UCI). Dia menyebutkan persiapan juga sudah mencapai 80 persen.

“Totalnya ada 21 negara yang berpartisipasi, terdiri atas 17 tim internasional dan lima tim nasional. Dari sisi kesiapan penyelenggaraan, sejauh ini sudah 80 persen. Kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut kepada semua pihak,” kata Lalu pada sesi konferensi pers di bilangan Jakarta Selatan, Kamis 23 Maret 2017.

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, yang datang sebagai perwakilan pemerintah daerah juga sangat mendukung acara ini. Dia berharap penyelenggaraan Tour de Lombok Mandalika bisa mendongkrak popularitas objek wisata yang ada di kawasan itu.

“Kami sangat mengapresiasi pelaksanaan ajang ini. Tentu ini adalah hal yang positif. Semoga bisa menarik perhatian turis mancanegara dan domestik,” ujar Amin.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), M. Benny Subagia. Dia ingin warga setempat juga mendapatkan hiburan bertaraf internasional.

“Kami berharap acara ini bisa meningkatkan pariwisata di Lombok dan membuat penduduk setempat bisa menyaksikan ajang internasional secara langsung,” ucap Benny.

Para peserta yang berasal dari Eropa, China, Malaysia, Laos, Jepang, dan Uni Emirat Arab tentu akan semangat dalam mengikuti ajang ini. Selain disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, mereka juga akan memperebutkan hadiah dengan total Rp800 juta. (art)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 2