JAKARTA, KOMPAS.com – Partai politik telah memperbaiki berkas lima calon anggota legislatif (caleg) di tingkat DPR RI yang merupakan eks koruptor kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kelima caleg tersebut berasal dari Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Komisioner KPU Ilham Saputra mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menerima perbaikan berkas atas para caleg tersebut. Saat ini, KPU sedang dalam tahap verifikasi dan pengecekan keabsahan data atas perbaikan tersebut. Ilham menegaskan bahwa KPU tidak akan memberikan waktu lagi bagi parpol untuk memperbaiki berkasnya.

Ilham menjelaskan, jika setelah diverifikasi masih ada caleg yang dikatakan tidak memenuhi syarat, nama caleg tersebut akan langsung dicoret. Setelah itu, KPU akan menyusun dan mengumumkan daftar calon sementara (DCS) pada 8-12 Agustus 2018. Baru pada tahap ini, daftar calon akan dibuka agar masyarakat dapat menyampaikan tanggapan dan masukan terhadap DCS, pada 12-21 Agustus 2018.

Jika ada masukan atau tanggapan, KPU akan mengklarifikasi dengan parpol pada 22-28 Agustus 2018. Pada akhirnya, parpol akan menjawabnya di 29-31 Agustus 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 + = 35