4 Tim Semifinalis Liga Champions dari 4 Negara Berbeda

4 Tim Semifinalis Liga Champions dari 4 Negara Berbeda

Liverpool jadi satu-satunya tim semifinalis yang menang di dua laga. (REUTERS/Andrew Yates)

 

 

Jakarta, CNN Indonesia — Babak perempat final Liga Champions rampung digelar, Rabu (11/4) waktu setempat. Sebanyak empat tim berhak melaju ke semifinal.

Uniknya, untuk kali pertama sejak 2010, para tim semifinalis berasal dari negara yang berbeda. Mereka adalah Liverpool, Real Madrid, AS Roma, dan Bayern Munchen.

Ini juga kali pertama dalam sejarah Liga Champions bahwa empat tim semifinalis diwakili empat negara berbeda yaitu Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman. Keempat negara tersebut terbilang sebagai negara dengan kompetisi sepak bola paling top di dunia.

Dua tim pertama yang memastikan lolos ke semifinal adalah Liverpool dan AS Roma.

AS Roma berhasil menaklukkan tim favorit juara, Barcelona.
AS Roma berhasil menaklukkan tim favorit juara, Barcelona. (REUTERS/Tony Gentile)

 

Liverpool tampil superior saat menghadapi sesama tim asal Inggris Manchester City. The Reds dua kali mengalahkan City baik ketika bermain di Anfield maupun di Etihad.

Skuat arahan Juergen Klopp menang telak 3-0 pada leg pertama dan kembali meraih hasil poitif dengan skor 2-1 saat melawat ke markas City sekaligus memastikan agregat 5-1.

Sementara AS Roma juga tak kalah fantastis. Setelah menelan kekalahan 1-3 dari Barcelona di leg pertama, I Lupi berhasil bangkit dan berbalik menang 3-0 di Olimpico. AS Roma pun berhal melaju ke semifinal dengan agregat 4-3.

Real Madrid susah payah pastikan tiket ke semifinal.
Real Madrid susah payah pastikan tiket ke semifinal. (REUTERS/Susana Vera)

 

Dua tim terakhir yang meraih tiket semifinal adalah Real Madrid dan Bayern Munchen. Kedu tim ini sama-sama mengantongi modal kemenangan di partai tandang.

Real Madrid berhasil menang 3-0 di Turin, namun harus susah payah untuk mempertahankan keunggulannya. Sebab, Juventus nyaris saja berhasil memaksa pertandingan ke babak perpanjangan waktu setelah sempat berbalik unggul 3-0.

Beruntung Real Madrid punya Cristiano Ronaldo. Megabintang asal Portugal itu berhasil mencetak gol penentu lewat eksekusi penalti di masa injury time. Meski kalah 1-3, namun Madrid unggul agregat 4-3 dari Juventus.

Bayern Munchen melengkapi satu slot semifinal usai menyingkirkan Sevilla. Hasil imbang tanpa gol di Munich sudah cukup bagi Munchen untuk melaju ke fase selanjutnya berkat keunggulan 2-1 di partai tandang. (jun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 17 = 23