Mesir Tak Kondusif, KBRI Imbau WNI Waspada

Mesir Tak Kondusif, KBRI Imbau WNI Waspada

 

Jakarta, CNN Indonesia — Kedutaan Besar RI untuk Mesir meminta warga Indonesia yang tengah dan akan berkunjung ke Kairo, untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul situasi dan kondisi di negara Afrika Utara itu yang belakangan dianggap tidak kondusif.

Imbauan ini dikeluarkan menyusul penangkapan tujuh mahasiswa asal Indonesia yang terjadi beberapa waktu lalu. Kendati demikian, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Kairo, Windratmo, tidak menyebut imbauan itu terkait dengan penangkapan tersebut.

Tak hanya itu, baru-baru ini bentrokan juga terjadi antara warga dan polisi yang hendak meruntuhkan bangunan ilegal di Nil, Mesir, yang menewaskan setidaknya satu orang dan melukai puluhan lainnya.

Melalui pernyataan resmi, KBRI Kairo mengimbau seluruh WNI untuk sementara waktu tidak mendekati sejumlah daerah yang menjadi pusat aksi massa seperti Bundaran Abbasiyah, Bundaran Tahrir, Gedung Radio dan Televisi, Bundaran Nahda, dan Bundaran Mustapha Mahmud Mohandessin.

WNI juga diminta untuk menghindari tempat rawan kriminal di Kota Nasr seperti Pasar Mobil Souq Sayarat, wilayah belakang Masjid As-Salam, dan Toub Ramly.

KBRI pun meminta setiap WNI untuk berpergian dalam kelompok atau rombongan dengan menggunakan jasa travel wisata resmi.

Tak hanya itu, KBRI juga mengimbau warga Indonesia untuk menjauhi dan waspada terhadap perkumpulan-perkumpulan yang diduga bertentangan dengan kebijakan pemerintah Mesir.

Bagi para WNI yang memiliki kendala atau masalah, KBRI Kairo menyediakan layanan telepon darurat ke nomor Hotline KBRI Kairo 20 10 2222 9989.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 5