150 tukik dilepasliarkan di padang

Padang, (Antaranews Sumbar) – Sebanyak 150 tukik (anak penyu) jenis lekang dilepasliarkan di Pantai Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat, Minggu.

Pengelola konservasi penyu Pasir Jambak, Yose di Padang, mengatakan pelepasan tukik melibatkan masyarakat sekitar dan para pengunjung.

“Pelepasan tukik merupakan salah satu bentuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelestarian penyu,” katanya.

Hal itu bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya melindungi penyu, karena penyu salah satunya berfungsi menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Ia mengatakan, sejak berdiri dari tahun 2014 lebih kurang 14 ribu tukik telah dilepasliarkan ke laut.

“Tukik yang dilepaskan tersebut berumur satu minggu,” katanya.

Sementara untuk telur penyu yang ditetaskan berasal dari penelusuran komunitas dan pembelian dari para nelayan pencari telur.

“Telur tukik dibeli dari nelayan pencari telur dengan harga Rp2.000 hingga Rp3.000 perbutir dengan biaya pribadi,” sebutnya.

Hal itu juga bertujuan untuk memutus rantai penjualan telur penyu ke kota untuk dikonsumsi.

Sementara salah seorang pengunjung yang ikut melakukan pelepasan tukik tersebut Irawati (26) mengatakan dengan adanya pelepasan tukik dan sekaligus edukasi serta sosialisasi membuatnya lebih paham akan pentingnya pelestarian penyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 + = 51