Wawako : Pramuka harus jadi perekat NKRI

Padang, (Antaranews Sumbar) – Wakil Wali Kota Padang Emzalmi berpesan pramuka harus menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menghadirkan karakter generasi muda yang cinta bangsa dan Tanah Air.

Memasuki usia yang ke-57 tahun, gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milenial, kata dia di Padang, Sabtu saat memimpin Apel Besar Pramuka Kota Padang dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-57 tahun 2018 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol.

Menurut Emzalmi, mencapai usia yang ke-57 tahun jelas bukan waktu yang singkat untuk membuktikan Gerakan Pramuka dalam memberikan kontribusi nyata mencetak calon pemimpin bangsa ini.

“Untuk itu, kita harus selalu bekerja keras memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara ini. Dan kepada publik secara luas khususnya para orang tua dan guru, diharapkan agar tidak ragu-ragu memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing,” imbaunya.

Emzalmi menjelaskan pembangunan karakter menjadi fokus bangsa. Karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas salah satunya melalui Gerakan Pramuka. Oleh karena itu pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini yakni era online atau berbasis digital.

“Pramuka baru harus keren, asyik dan menyenangkan. Maka itu kepada pembina atau pun pelatih pramuka juga harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik masing-masing,” tukasnya.

Lebih lanjut Emzalmi pun berharap kepada seluruh jajaran pramuka khususnya anggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan.

“Sehingga semuanya saling bersinergi mendukung percepatan terwujudnya kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak serta handal dalam berfikir dan bertindak. Di samping itu juga memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan bekal hidup kelak,”kata dia.

Dalam Apel Besar peringatan HUT ke-57 ini juga diisi dengan penyerahan sertifikat akreditasi dari kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka bagi 21 gugusdepan yang berbasis sekolah di Kota Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =