Wagub imbau pelayaran kapal agar waspada perairan Sumbar

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengimbau agar waspada untuk pelayaran di perairan pantai pesisir, karena musim badai yang dapat berdampak perjalanan ada gangguan.

“Kita prihatin dengan sebuah kapal perintis milik Pelni terdampar keras di pantai Painan, akibat badai kuat Rabu kemaren dan saat ini pihak Pol PP dan BPBD Kabupaten Pesisir Selatan sudah melakukan evakuasi terhadap penumpang, ” kata NA sapaan akrab Wagub Sumbar, Kamis malam.

Hal ini disampaikan Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit disela sela kegiatan Lokakarya Kebudayaan di Inna Muara Padang.

Wagub menyampaikan, pihaknya baru dapat kabar dari Edi Tembak masyarakat pesisir Painan. Kapal yang semula melakukan pelayaran dari Mentawai singgah ke Padang membawa penumpang lebih kurang 100 orang ini rata-rata pedagang.

Kapal perintis itu yang semula mengalami kerusakan baling-baling, setelah sempat singgah sejenak untuk melapor di pelabuhan Painan karena mau menuju kepulauan Nias. Dan saat ini akibat badai Kamis sore semakin terdorong kebatu karang hingga tersekat kuat hampir dekat pantai.

Kondisi demikian, tentu mesti menjadi perhatian semua kapal pelayaran agar berhati hati disaat musim badai yang tidak dapat diprediksi. Butuh persiapan dan kelengkapan peralatan agar jika rusak bisa cepat untuk diperbaiki sebagaimana mestinya.

Untuk para penumpang agar memperhatikan kesehatan, kata dia, semoga dapat bersabar sampai ada perbaikan dan melanjutkan perjalanan yang tertunda, ujar Wagub Nasrul Abit Dt. Malintang Panai ikut prihatin.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =