Vokalis The Cranberries Tutup Usia

LONDON – Vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan, meninggal dunia pada usia 46 tahun, di London, Inggris. Berita duka tersebut dikonfirmasi oleh perwakilan sang artis pada 15 Januari 2018.

Perwakilan band tersebut tak menjelaskan secara rinci apa penyebab kematian O’Riordan. Namun yang pasti, mendiang dan personel The Cranberries lainnya berada di London untuk menjalani proses rekaman singkat.

“Tak ada keterangan lebih yang bisa kami berikan saat ini. Keluarga mendiang sangat sedih mendengar kabar tersebut dan meminta pengertian banyak pihak untuk privasi mereka pada saat yang sangat sulit ini,” ujar perwakilannya seperti dilansir dari BBC News.

Musisi asal Limerick, Irlandia, itu menorehkan kesuksesan melalui album debut perdana mereka, ‘Everybody Else is Doing It, So Why Can’t We?’ pada 1993. Kala itu, album itu sukses terjual 40 juta kopi di seluruh dunia. Setelah itu mereka dikenal lewat sejumlah tembang hits serupa Zombie, Dreams, dan Linger.

Seiring masa vakum The Cranberries pada 2003, O’Riordan memutuskan bersolo karier dengan merilis ‘Are You Listening?’ pada 2007. Namun dia kembali reuni dengan The Cranberries pada 2009. Di tahun yang sama, dia berkolaborasi dengan basis The Smith’s Andy Rourke dan DJ Ole Koretsky membentuk grup D.A.R.K.

Tahun lalu, band itu sempat merilis album baru bertajuk ‘Something Else’, yang mana di dalamnya terdapat lagu-lagu hits The Cranberries. Menariknya, tembang lawas band cadas itu disajikan dalam versi akustik dengan iringan Irish Chamber Orchestra.

Sebagai bonus, The Cranberries menambahkan tiga lagu baru dalam album tersebut. Sayang, medio 2017 grup itu harus menunda sejumlah tur mereka di Eropa dan Amerika Utara akibat cedera punggung yang dialami O’Riordan. Namun sebelum kematiannya, The Cranberries sempat menggelar konser di Belfast dan Dublin, Irlandia.

Ucapan belasungkawa untuk O’Riordan datang dari berbagai pesohor. Salah satunya dari presenter James Corden. Melalui Twitter dia berkicau, “Aku pertama kali bertemu Dolores O’Riordan saat usiaku masih 15 tahun Dia sangat ramah dan menyenangkan. Aku mendapatkan tanda tangannya di tiket kereta apiku dan itu menyempurnakan hariku. Dia memiliki suara luar biasa. Sangat sedih mendengar dia meninggal dunia hari ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

51 − = 44