Usai Lebaran, BI Layani Arus Uang Bank Mulai Hari Ini

Usai Lebaran, BI Layani Arus Uang Bank Mulai Hari Ini

 

Jakarta, CNN Indonesia — Bank Indonesia (BI) kembali membuka layanan kas untuk melayani peredaran dana masyarakat yang kembali masuk ke bank usai libur panjang Lebaran 2018mulai Selasa (19/6).

Bank sentral akan membuka operasional terbatas pada hari ini dan besok, sebelum benar-benar efektif beroperasi pada Kamis (21/6).

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik terhadap arus kembalinya uang, prediksinya mulai tanggal 19 Juni 2018,” ucap Perry Warjiyo, Gubernur BI, seperti dikutip dari Antara.

Tak hanya BI, Perry memastikan bank juga siap melayani masuknya dana masyarakat usai Lebaran, sebab kebanyakan bank juga akan beroperasi terbatas pada hari ini.

Kendati begitu, Perry belum memberi prediksi potensi kembalinya dana masyarakat ke bank. Namun, jelang Lebaran lalu, setidaknya penukaran uang di BI mencapai Rp187,8 triliun atau sekitar 99,78 persen dari total dana yang disiapkan sebesar Rp188,2 triliun pada tahun ini.

Jumlah itu melebihi tahun lalu sebesar Rp163,2 triliun. Artinya, penukaran uang tunai di BI meningkat 15,07 persen dari tahun lalu.

Dari sisi bank, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI misalnya, membuka operasional terbatas sejak 11 Juni lalu. Namun, mulai hari ini, bank akan memberi layanan kliring dan RTGS.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 − 75 =