UNP masuk 30 besar universitas terbaik

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Hamid Muhammad (dua kanan), Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (dua kiri), Rektor UNP Prof Ganefri (kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman (kanan) dalam Seminar Nasional Pendidikan di Padang, Senin (2/7). (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution) (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution/)

Padang (Antaranews Sumbar) – Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat masuk ke dalam 30 besar universitas terbaik di Indonesia versi direktori 4 International Colleges & Universities (4ICU).

“Dalam rilis yang dikeluarkan oleh 4ICU.org pada Juli 2018 menempatkan UNP pada peringkat ke-27 dari 546 universitas di Indonesia,” kata Rektor UNP Prof Ganefri di Padang, Minggu.

Menurut dia peringkat UNP mengalami peningkatan dari rilis yang dikeluarkan 4ICU.org pada Februari 2018 yang menempatkan UNP pada peringkat ke-36.

Ia mengatakan peringkat universitas versi 4ICU ini merupakan cerminan popularitas sebuah universitas berdasarkan keterkenalan dari website yang dimiliki.

Menurut dia 4ICU melakukan penilaian universitas dari website yang mereka miliki, sistem penilaian 4ICU hampir sama dengan webometrics.

Pemeringkatan dilakukan berdasarkan algoritma dengan memasukkan 4 web metric independen dan objektif dari 3 search engine yang berbeda : Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets dan Majestic Trust Flow.

Dengan adanya peringkat popularitas universitas dan perguruan dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan yang sehingga daya kompetisi antar universitas semakin meningkat.

Sebelumnya UNP menduduki peringkat ke-39 dari seluruh universitas yang ada di Indonesia versi webometrics tersebut.

Ia mengatakan peringkat ini mengalami kenaikan yang cukup pesat dari 2017 karena pada Januari 2017 universitas itu berada di peringkat 104.

Pada Januari 2018 dengan berbagai kinerja yang telah dilakukan berhasil membawa kampus itu menduduki peringkat ke-39 dari seluruh universitas di Indonesia.

“Target kita jelas pada tahun depan masuk dalam 10 besar, tentu harus dicapai secara bersama-sama,” kata dia.

Menurut dia kenaikan peringkat ini diakibatkan meningkatnya jumlah riset penelitian yang di digitalisasi serta pelayanan publik secara digital melalui website UNP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

73 + = 78