Tiku Utara Dimekarkan Jadi Dua Nagari

Tiku Utara Dimekarkan Jadi Dua NagariPelantikan Penjabat Walinagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam. KASRA
AGAM, HARIANHALUAN.COM – Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara bersiap untuk dimekarkan menjadi dua nagari yakni Nagari Induk dan Nagari Durian Kapeh Darussalam.
Hal ini ditandai dengan pelantikan Iswan Hendri, sebagai Pejabat Wali Nagari Persiapan, Durian Kapeh Darussalam oleh bupati Agam yang diwakili Sekda, Martias Wanto, Jumat (27/7).
Tokoh masyarakat setempat, Dasiri Musnar Dt Rangkayo Bungsu menyebut, masyarakat bersyukur karena keinginan sejak 18 tahun yang lalu untuk pemekaran nagari di Tiku Utara ini bisa terwujud. Impian warga juga ditunjukan dengan penyediaan kantor wali nagari baru. “Kita berharap Durian Kapeh Darussalam tidak berlama-lama sebagai Nagari Persiapan, dan segera menjadi nagari definitif,” ujar Dasiri.
Sementara itu, Sekda Agam dalam pidato pelantikan pejabat wali nagari mengatakan, Nagari Durian Kapeh Darusalam telah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi Nagari Persiapan Pemekaran. “Sekarang secara yuridis telah terbentuk Pemerintahan Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam. Namun secara administrasi, Pemerintahan Nagari Tiku Utara masih sebagai Nagari Induk, sampai semua kelengkapan menjadi nagari definitif selesai,” kata sekda.
Untuk itu, wali nagari persiapan diminta segera membuat penetapan batas wilayah, melengkapi semua administrasi pembentukan nagari definitif, serta membuat perencanaan pembangunan pusat pemerintah nagari. “Ketiga hal ini harus menjadi prioritas bagi wali nagari, karena menjadi syarat terpenting mewujudkan nagari definitif,” sebut sekda lagi.
Pemerintah memberikan waktu satu sampai tiga tahun untuk mempersiapkanya. Apabila tidak mampu maka status akan kembali kepada Nagari Induk.
“Oleh karena itu, penjabat wali nagari saya minta bekerja keras dan bisa merangkul semua pihak, baik warga di kampung maupun di rantau, ” tambah sekda.
Usai pelantikan, pejabat wali nagari dan sekda langsung meresmikan pemakaian kantor baru wali nagari persiapan itu. (h/ks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

71 + = 76