Terduga Teroris MY Ditangkap Densus 88 di Birugo Bukittinggi

Terduga Teroris  MY Ditangkap  Densus 88 di Birugo BukittinggiPetugas Densus 88 melakukan penggeledahan di rumah MY di kawasan Birugo, Senin (13/8). YURSIL.

 

 

 

 

 

 

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Seorang terduga teroris berinisial MY (45) warga RT 01 RW 04 Kelurahan Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) ditangkap Densus 88, Senin (13/8) sekitar pukul 05,30 WIB.

Informasi yang diperoleh harianhaluan.com di lapangan menyebutkan, penangkapan terhadap MY dilakukan sepulang ia melaksanakan shalat subuh di mesjid sekitar rumahnya.

Namun sekitar pukul 09,30 wib hingga siangnya petugas Densus 88 melakukan penggeledahan terhadap rumah MY. Petugas berhasil membawa buku buku dan radio komunikasi milik MY.

MY beserta penghuni rumahnya telah diawasi oleh Densus 88 sejak 6 bulan lalu. Namun kemaren, sekitar 15 orang anggota Densus 88 memakai penutup wajah melakukan pengeledahan di rumah MY.

Ketua RT 01/04 Kelurahan Birugo Novriyan mengatakan, ia tidak tahu adanya penangkapan terhadap MY, namun dia diminta petugas bersama Ketua RW 04 dan tokoh masyarakat setempat untuk menyaksikan penggeladahan di rumah MY pada siang harinya.

“Pada saat pengeledahan di rumah MY petugas membawa buku buku dan alat komunikasi. Saat pengeledahan disaksikan anak anak dan istrinya,” kata Novriyan kepada Haluan di rumahnya.

Ia menjelaskan, keseharian MY aktif di bidang sosial seperti pengalangan dana kemanusiaan. Selain itu, MY sangat aktif melaksanakan shalat 5 waktu secara berjemaah di mesjid. “Orangnya sangat ramah dan sering menegur warga, namun ia berbicara hanya seperlunya saja dan orangnya tidak tertutup,” terang Novriyan.

Ia menambahkan, tempat tinggalnya sekarang itu merupakan rumah miliknya yang telah puluhan tahun didiaminya.

Sementara itu, salah seorang warga yang enggan menyebutkan nanya mengatakan, dulunya MY bekerja di salah satu showroom mobil di Bukittinggi, namun sejak beberapa tahun lalu ia tidak bekerja lagi dan aktif di bidang sosial.

“Tahun 2016 lalu ia melaksanakan haji. Kami tidak tahu kalau MY telah ditangkap, kami hanya tahu kalau rumahnya digeledah Densus 88,” ungkapnya.(h/ril).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

23 − = 19