Terciduk Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan dari Asian Games

Terciduk Prostitusi, 4 Atlet Basket Jepang Dipulangkan dari Asian Games

 

detik.Com , Jakarta – Empat atlet bola basket asal Jepang dipulangkan kepala delegasinya dari Asian Games 2018 usai ketahuan menginap di sebuah hotel bersama perempuan bayaran. Mereka sebelumnya sempat berpesta dan mabuk-mabukan.

Keempat atlet dipulangkan dari Asian Games 2018 pada Senin (20/8) menyusul skandal di sebuah hotel, di mana mereka “menginap bersama perempuan,” kata Kepala Delegasi Asian Games Jepang, Yasuhiro Yamashita.

Dalam sebuah konferensi pers Yamashita mengatakan keempat pemain bola basket bertemu dengan para perempuan itu setelah berpesta sembari mabuk-mabukan di sebuah kawasan di Jakarta. Para atlet itu mudah dikenali lantaran masih mengenakan baju kaus berlogo tim nasional Jepang.

“Saya sudah bertemu dengan para atlet dan mereka benar-benar menyesalkan apa yang terjadi,” kata Yamashita. “Sebagai kepala delegasi saya meminta maaf dari hati yang paling dalam.”

Insiden tersebut terjadi setelah tim nasional bola basket Jepang mengalahkan Qatar 82-71 di laga babak penyisihan grup, Kamis (16/8). Petinggi Komite Olympiade Jepang (JOC) mengatakan pihaknya baru mengetahui tentang skandal tersebut dari sebuah foto yang dipublikasikan sebuah surat kabar nasional.

Pelanggaran Kode Etik

JOC menyebut keempat atlet adalah Takuya Hashimoto, Keita Imamura, Yuya Nagayoshi dan Takuma Sato. Mereka diwajibkan membayar tiket kepulangan dari kantong masing-masing.

Komite Olympiade Jepang menilai perilaku para atlet “melanggar kode etik tim yang mewajibkan setiap atlet bertindak sebagai tauladan.”

Kepulangan keempat atlet memangkas kekuatan timnas Jepang yang kini tinggal berjumlah delapan orang. Mereka dijadwalkan bertanding melawan Hong Kong pada Rabu (22/8).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

62 − = 57