Tanah Datar Raih Peringkat Pertama Penyelenggaraan Pemerintahan tingkat Provinsi Sumatera Barat

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan di Jakarta, Rabu (25/4) malam. (Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) – Tanah Datar mendapatkan peringkat pertama Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara Nasional untuk tingkat kabupaten se-Sumatera Barat yang diumumkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu ( 25/4) malam.

Sesuai Kepmendagri No.100-53 tahun 2018 tentang Peringkat Dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional, penilaian dilakukan terhadap kinerja pemerintahan tahun 2016.

Tanah Datar mendapatkan skor 3.2628 berada di atas Pasaman dengan skor 3.2015 pada peringkat dua, dan Agam dengan skor 3.1750.

Sementara secara nasional, daerah Luhak Nan Tuo berada pada urutan 69. Peringkat naik signifikan dari 2015 yang hanya menduduki peringkat 101.

Penghargaan tersebut adalah yang tertinggi diberikan negara kepada daerah yang memiliki kinerja baik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Pada tingkat kota, Payakumbuh berhasil mendapatkan peringkat pertama dengan skor 3.3077 berada di atas Bukittinggi dengan skor 3.2205 dan Padang dengan Skor 3.1351.

Secara keseluruhan tingkat kota dan kabupaten Tanah Datar berada pada peringkat dua tingkat provinsi, kalah tipis dari Kota Payakumbuh.

Sedangkan untuk tingkat nasional Provinsi Sumbar berdasarkan Kepmendagri No.100-53 tahun 2018 tentang Peringkat Dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional berada pada posisi 6 (enam).

Ini merupakan lompatan yang luar biasa, karena peringkat tahun sebelumnya provinsi Sumbar berada di posisi 14.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap tahun depan Provinsi Sumbar bisa lebih baik lagi dengan berpedoman kepada hasil evaluasi yang dilakukan terus menerus.

Kabupaten dan kota juga diharapkan bisa meningkatkan kinerjanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 − 77 =