Syekh Sulaiman Arrasuli Diusung Jadi Pahlawan Nasional

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Rencana pengusulan Maulana Syekh Sulaiman Arrasuli atau Inyiak Canduang sebagai pahlawan nasional mulai menemui titik terang. Kunjungan tim penggagas pengusulan ke kantor DPRD Provinsi Sumbar berbuah dukungan penuh. Setapak demi setapak jalan pun terus dilalui.
 
Sebelumnya, pengusulan Inyiak Canduang sebagai pahlawan nasional telah menuai restu melalui SK dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam. Ke depan, upaya seperti menggelar seminar lokal dan nasional akan disasar untuk mempercepat terwujudnya niat tersebut.
 
Ketua YSSA Dr. Syukri Iska, memaparkan, semasa hidupnya, Inyiak Canduang telah melakukan banyak hal demi kepentingan ummat dan kekokohan pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Baik dari segi agama, adat-istiadat, sosial, pendidikan, bahkan hingga dunia perpolitikan di masa lalu.
 
Di sisi lain, Ketua Tarbiyah-Perti Sumbar Prof. Sufyarma Marsidin mengungkapkan, Inyiak Canduang telah memenuhi segala syarat untuk diusung sebagai pahlawan nasional. Sebab, semasa hidup, Inyiak tidak hanya mengadikan diri sebagai ulama di tengah ummat, tapi juga sebagai negarawan ulung yang ikut memikirkan nasib bangsa.
 
Menanggapi rencana pengusulan tersebut, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim menyebutkan, pihaknya tentu memberi dukungan penuh atas rencana tersebut. Ia pun berjanji, bersama Pemerintah Provinsi Sumbar, akan mengajukan usulan tersebut ke pemerintah pusat.
 
Dimas Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 4