Sumbar telah mengeluarkan 253 SIUP/SIPI nelayan melalui sistem daring

Padang, (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengeluarkan 253 Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) melalui sistem daring terintegrasi atau Online Single Submission (OSS) selama Agustus 2018.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan (DPMPTSP) Sumbar Indra  mengatakan pelayanan diberikan setelah ada edaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tentang perizinan tertanggal 8 Agustus 2018.
Sebelumnya dalam masa transisi sistem konvensional pada OSS, DPMPTSP Sumbar tidak berani memberikan layanan perizinan pada nelayan karena tidak ada dasar hukum yang kuat.

Setelah KKP mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 543/MEN-KP/VIII/2018 tentang Proses Pelayanan Perizinan Sektor Perikanan dan Kelautan tanggal 8 Agustus 2018, pelayanan baru diberikan.

Namun perizinan yang dikeluarkan oleh DPMPTSP hanya sebagian dari proses perizinan bagi nelayan hingga bisa melaut. Ada proses lain yang harus dilewati yaitu surat pengukuran kapal oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP).

Indra menyebut pihaknya pernah mencoba untuk jemput bola ke daerah agar nelayan mau mengurus izin, tetapi terbentur belum adanya surat ukur kapal dari KSOP.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri mengimbau nelayan untuk segera mengurus izin melaut melalui DPMPTSP agar lebih nyaman saat mencari ikan.

Saat ini pihaknya menengarai masih ada nelayan yang melaut menggunakan surat keterangan sebagai ganti izin melaut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + = 9