Selamatkan generasi muda, Polda Sumbar edukasi pelajar tentang bahaya narkoba

Dua siswa SMA di Padang Sumatera Barat ikut serta memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu hasil tangkapan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar di halaman Mapolda Sumbar Kota Padang, Kamis (19/7). (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)D

Padang, (Antaranews Sumbar) – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Barat mengedukasi pelajar tentang bahaya narkoba dengan mengajak mereka terlibat dalam pemusnahan barang bukti narkoba di halaman Mapolda Sumbar, Kamis.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar Kombes Pol Kumbul KS di Padang, Kamis mengatakan edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelajar bahwa narkoba tersebut membawa dampak negatif.

“Mereka diperlihatkan bagaimana bentuk narkoba jenis sabu-sabu, ganja kering dan lainnya agar dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Para pelajar diberikan informasi terkait jenis dan efek setelah mengonsumsi narkoba serta dampak hukum yang harus diterima seorang pengguna narkoba.

“Mereka diperkenalkan dengan ciri-ciri narkoba baik yang jenis bubuk, daun dan pil sehingga mereka tidak tertipu nantinya,” kata dia.

Ia mengatakan para bandar narkoba menjadikan generasi muda sebagai target peredaran narkoba karena mereka memiliki rasa ingin tahu sehingga rentan terjerat dalam peredaran barang haram itu.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pelajar memiliki kemampuan untuk menolak terjerat dengan narkoba,” katanya.

Sementara siswa SMA 1 Padang Fikri Magfirah mengaku senang dengan kegiatan tersebut karena dirinya dapat melihat secara langsung narkoba dan mengetahui dampak buruk terhadap dirinya.

“Saya senang diajak ke sini dan melihat langsung dampak buruk narkoba seperti pengedar yang ditahan polisi.Narkoba itu tidak ada manfaatnya,” katanya.

Menurut dia salah satu cara menjauhi narkoba adalah dengan menjaga pergaulan sehari-hari, apabila teman bergaulnya baik maka akan jauh dari narkoba.

“Bagi saya teman bergaul sangat penting sehingga saya hanya bergaul dengan teman-teman yang baik agar terhindar dari narkoba,” katanya.

SMA 1 Padang, saya senang diajak,” katanya

Polda Sumbar memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 4,9 kilogram senilai Rp8 miliar yang diungkap oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda setempat. Selain itu mereka juga memusnahkan barang bukti ganja kering seberat 14 kilogram. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 − = 45