Satu parpol tidak memenuhi kuota perempuan di dua dapil Sumbar

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyatakan ada satu partai yang tidak memenuhi kuota perempuan dalam pendaftran calon anggota DPRD provinsi dalam Pileg 2019 di dua daerah pemilihan.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani ketika dihubungi dari Padang, Kamis mengatakan setelah pihaknya memberikan masa perbaikan dan saat verifikasi ternyata masih ada maka partai tersebut tidak memiliki calon anggota legislatif dari dapil tersebut.

Dalam rilis yang dikeluarkan KPU Sumbar, Partai Garuda harus merelakan dua daerah pemilihan yakni Sumbar VI dan Sumbar VII.

Pada daerah pemilihan Sumbar VII Partai Garuda hanya menempatkan satu calon anggota legislatif saja dan di daerah pemilihan Sumbar VII partai tersebut menempatkan satu caleg perempuan dan empat caleg laki-laki sehingga ada kelebihan.

Sementara untuk partai lain yang terdaftar di KPU Sumbar bukan menjadi persoalan, nama-nama tokoh perempuan terlihat didaftarkan oleh partai menjadi calon anggota DPRD Sumbar pada Pileg 2014.

Selain srikandi-srikandi DPRD Sumbar periode 2014-2019 yang kembali ikut berlaga seperti Siti Izzati dan Marlina Suswati yang maju dari Partai Golkar di dapil Sumbar II dan Sumbar VI, kemudian Riva Melda dari PDI Perjuangan di dapil Sumbar IV. Setelah itu Armiati dan Zusmawati dari Partai Hanura dari dapil Sumbar III dan Sumbar IV dan Rahayu Purwanti dari Partai Keadilan Sejahtera.

Kemudian ada lagi tokoh wanita yang didaftarkan partai yakni istri Wali Kota Padang Harneli yang didaftarkan PKS di dapil Sumbar I, kemudian istri Bupati Pasaman Barat Yunisra Syahiran maju dari Partai Gerindra di Dapil Sumbar IV.

Setelah itu mantan Kepala Dinas Sosial Kota Padang Frisdawati Amran Boer yang maju dari Partai Gerindra dapil Sumbar I dan anggota DPRD Padang periode 2014-2019 Mailinda Rose yang maju dari partai Nasdem di dapil Sumbar I.

Sebelumnya Ketua PKS Sumbar Irsyad Syafar mengatakan pihaknya tidak kesulitan dalam memenuhi kuota perempuan dalam daftar calon anggota legislatif yang didaftarkan ke KPU Sumbar.

“Kalau untuk pemenuhan caleg dari perempuan kami tidak ada persoalan,” kata dia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − = 13