Saat ini Gedung Perkuliahan Mewah Telah Berdiri Di Batusangkar, Tanah Datar

Saat ini Gedung Perkuliahan Mewah Telah Berdiri Di Batusangkar, Tanah Datar                  Gelaran serah terima Gedung FEBI IAIN Batusangkar yang telah selesai pengerjaaanya. (23/1)

TANAH DATAR – Dengan telah usainya pembangunan Gedung perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar, maka Selasa, (23/1/2018) Kontraktor pelaksana pembangunan gedung tersebut lakukan serah terima kepada Pemiliknya.

Gelaran dilakukan di gedung yang telah siap itu, bertempat di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar, Sumbar. Serah terima ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis oleh direktur PT. Laga Pratama Interindo Ir. Sudjilan kepada Rektor IAIN Batusangkar.

Pembangunan gedung itu menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Agama RI tahun 2017. Ketua PPK Drs.M.Faziz, M.Pd mengatakan, Gedung yang menghabiskan dana 32 milyar dan selesai dalam 6 bulan ini, akan digunakan untuk perkuliahan dan perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Dengan luas bangunan 5761 m2, Gedung ini terdiri dari 3 lantai, 20 lokal kuliah, ruang Dekanat, ruang Kajur, ruang Labor, ruang Bursa Efek, ruang perpustakaan, ruang ibadah dan ruang pusat informasi.

“Gedung FEBI IAIN Batusangkar ini juga dilengkapi dengan tangga bagi penyandang disabilitas/ berkebutuhan khusus, ” ungkap Fazis.

Rektor IAIN Batusangkar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak hingga proyek pembangunan gedung ini selesai pada waktu yang telah ditentukan.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Kajari Tanah Datar M. Fatria, SH, Ketua Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Ardi, SH, MH. Direktur PT. Laga Pratama Interindo, Ir. Sudjilan, Kadis PU, Thamrin, ST beserta Tim, Wali Nagari, KAN, BPRN dan Pemuda Nagari Parambahan dan Cubadak atas peran serta dan partisipasinya hingga semua ini terwujud, “sampai Kasmuri.

Kasmuri menyampaikan rasa syukurnya karena IAIN Batusangkar saat ini telah mempunyai gedung perkuliahan yang mewah.

“Tahun ini juga kita akan membangun gedung Fakultas Syariah dengan dana sebesar 35,8 Milyar yang bersumber dari dana SBSN Kementerian Agama tahun anggaran 2018, “ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pihak Kontraktor, PT. Laga Pratama Interindo, Ir. Sudjilan, juga mengucapkan terima kasih semua pihak dan Stakeholder hingga terlaksana pembangunan gedung tersebut tanpa halangan yang berarti.

“Selama pekerjaan pembangunan ini saya merasa aman dan nyaman saat melakukan pekerjaan pembangunan gedung ini. Saya melihat gedung ini merupakan gedung yang minimalis dengan ornamen-ornamen yang Islami, semoga Batusangkar kedepan bisa mewujudkan harapan masyarakat, menjadi Kota pelajar, ” harap Sujilan.

Sementara Kajari Tanah Datar M. Fatria, SH, pada kesempatan itu mengatakan bahwa ia melalui Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Tanah Datar, selalu siap mendampingi dalam mengawal pembangunan pekerjaan fisik pemerintah.

“Apresiasi kami sampaikan kepada Kotraktor dan semua stakeholder yang terlibat dalam pembangunan ini. Sejak proses perencanaan sampai dengan serah terima pekerjaan. Kita bersyukur sampai ketitik ujung pembangunannya. ” ujar M. Fatria.

Masukan dan saran juga disampaikan Kajari kepada pihak-pihak terkait, untuk di jadikan dasar pelaksanaan kegiatan kedepannya. Antara lain percepatan proses perencanaan, kualifikasi personil di lapangan, mengumumkan pemenang lelang, keterlibatan konsultan perencana, konsultan pengawas dan tenaga ahli serta keberanian PPK untuk melakukan teguran dalam pekerjaan serta percepatan. Termasuk pemecahan permasalahan dan kontrol pekerjaan.

Menutup rangkaian sambutan, Kadis PUPR, Thamrin, ST menyatakan bahwa pembangunan gedung FEBI dan pembangunan gedung pemerintah lainnya merupakan tupoksi Dinas PUPR yang tertuang dalam Permen PU. Nomor 45 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan, Gedung Negara.

“Dinas PUPR Tanah Datar bertanggung jawab dalam hingga selesainya pembangunan gedung FEBI IAIN Batusangkar ini. Rasa terimaksih kepada warga Nagari Parambahan dari seluruh lapisan yang telah berperan besar hingga Gedung ini selesai tepat waktu. Gedung ini merupakan sarana pendukung pendidikan, dan akan berguna untuk kemajuan kita bersama nantinya, ” tuturnya.

Turut Hadir dalam gelaran tersebut, Wakil Rektor, Ka BIRO AUAK, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, Kabag, Kasubag Dosen dan Karyawan Selingkup IAIN Batusangkar, Wali Nagari Parambahan dan Cubadak, KAN, BPRN dan unsur pemuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

63 + = 69