Rusak di Perjalanan, KA Sibinuang Padang-Pariaman jadi Tontonan Warga

Rusak di Perjalanan, KA Sibinuang Padang-Pariaman jadi Tontonan Warga

KA Sibinuang rusak, penumpang ada yang sempat keluar karena terlalu lama menunggu, Kamis (16/8).

 

Minangkabaunews

PARIAMAN – Kereta Api Sibinuang Jalur Pariaman-Padang mendadak berhenti di perjalanan tepatnya di perlintasan rel Kelurahan Jalan Kereta Api, Padang Pariaman, Kamis (16/8).

Sebagaimana jadwal keberangkatan kereta api sibinuang dari Stasiun Pasar Pariaman menuju Padang pada pukul 09:15 pagi, namun tidak berapa jauh sekitar 800 m dari stasiun lokomotifnya secara tiba-tiba mogok dan berhenti.

Syntia salah seorang penumpang yang juga mahasiswa STMIK Damar Padang ketika ditanya mengatakan, kereta api yang ditumpanginya berhenti mendadak sekitar pukul 09:25 atau setelah 10 menit melaju dari stasiun.

“Saya merasa kecewa, karena diharapkan naik kereta sampai di Padang lebih cepat namun nyatanya malah lambat,” ujarnya.

Ia berencana semula, akan menemui dosennya di Padang menyelesaikan persoalan kuliah, namun jadi tertunda diakibatkan rusaknya lokomotif kereta dengan no seri: BB 3038408 itu.

Sedangkan informasi dari salah seorang Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) Jeni R. Membenarkan rusaknya lokomotif kereta api tersebut.

“Lokomotif ini memang sering juga rusak, maklum karena sudah terlalu tua pengeluaran Swiss tahun 1984,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, pihak PJ. KA memang juga sudah berencana menggantinya dengan lokomotif dari Palembang yang sebelumnya berfungsi sebagai penarik gerbong semen.

“Jika mendatangkan lokomotif baru, belum sanggup rasanya oleh daerah kita di Sumbar ini, karena mengurangi kerugian saja saat ini sudah cukup rasanya,” sebutnya.

Jeni menambahkan, jika nantinya lokomotif pengganti tersebut sudah datang, maka kekuatannya sudah bisa menarik 20 gerbong, sedangkan yang sekarang hanya 6 gerbong.

Setelah lebih dari satu jam berhenti akhirnya kereta Api Sibinuang dari Pariaman tujuan Padang akhirnya dapat diberangkatkan kembali pada pukul 10:45 setelah bantuan lokomotif dari Lubuk Alung no seri: BB 3037801.

Terpisah Kepala Stasiun KA Pariaman Yulizar mengatakan, tidak bisa memberikan keterangan terkait rusaknya lokomotif dan berhentinya di perjalanan kereta api rute Pariaman-Padang itu.

“Kita tidak punya kewenangan memberikan keterangan, sebaiknya langsung saja ke bagian humas PJ. KA Padang Divre Sumbar II,” ucapnya (war)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 − = 78