Presiden Moon Janji Cari 3 WNI ABK Kapal Tenggelam di Jepang

Presiden Moon Janji Cari 3 WNI ABK Kapal Tenggelam di JepangMenlu RI Retno Marsudi menyampaikan undangan resmi Presiden Jokowi kepada Presiden Korsel Moon Jae-in untuk menghadiri Pembukaan Asian Games. (Dok. Kemlu RI)

 

 

 

CNN Indonesia — Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berjanji untuk berusaha semaksimal mungkin mencari tiga warga Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Korsel yang hilang setelah kapal mereka bertabrakan di dekat perairan Jepang, Kamis (26/7).

Komitmen itu disampaikan Moon saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi di Istana Cheong Wa Dae, Seoul.

“Secara khusus Presiden Moon menyampaikan komitmen Otoritas Korea Selatan untuk berusaha semaksimal mungkin mencari tiga ABK Indonesia yang hilang akibat kecelakaan (tabrakan dua kapal Korea di dekat perairan Jepang tanggal 26 Juli 2018,” ungkap rilis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (27/7).

Insiden terjadi pada Kamis (26/7) sekitar pukul 7 pagi di dekat Tokyo Jepang. Kapal 101 Kumyang bertabrakan dengan Kapal 803 Tongyoung yang menyebabkan tenggelamnya kapal 101 Kumyang. Tiga dari 18 ABK WNI masih hilang.

Sebelumnya saat bertemu dengan Menlu Korsel Kang Kyung-Hwa, Menlu Retno minta agar pemerintah Korsel memberika perhatian tinggi dalam proses pencarian ketiga WNI.

“Pemerintah Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk memberikan perlindungan bagi warga negara Indonesia di luar negeri, oleh karena itu saya mohon bantuan Pemerintah Korea Selatan agar pencarian terus dilakukan terhadap ketiga ABK Indonesia tersebut,” kata Menlu RI dalam pertemuan, Kamis (26/7).

Dalam pertemuan dengan Moon, Menlu RI menyampaikan secara resmi undangan bagi Presiden Korsel untuk menghadiri pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus mendatang.

Kepada Presiden Moon, Menlu Retno menyampaikan bahwa Asian Games yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, tidak hanya sebagai ajang kompetisi olahraga, tetapi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk merekatkan persahabatan dan perdamaian.

Menlu RI juga menyambut baik rencana Korea Selatan dan Korea Utara untuk membentuk tim bersama pada beberapa cabang di Asian Games 2018 antara lain bola basket wanita, kano dan Dayung.

Secara khusus, Presiden Moon menyampaikan penghargaan terhadap konsistensi Indonesia dalam mendukung perdamaian di Semenanjung Korea.

Presiden Moon antara lain merujuk pada pesan perdamaian yang disampaikan Presiden Jokowi kepada Duta Besar Korea Selatan dan Korea Utara di Jakarta pada 30 April 2018.

Moon juga sepakat dengan Menlu RI mengenai pentingnya peningkatan berbagai kerjasama konkret sebagai tidak lanjut “Special Strategic Partnership” yang telah dimiliki oleh kedua negara.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 17 = 18