Presiden Jokowi bagikan sertifikat tanah wakaf di Padang

Padang, (Antaranews Sumbar) – Presiden RI Joko Widodo membagikan 510 sertifikat tanah wakaf untuk masjid, mushalla dan lembaga pendidikan yang ada di Sumatera Barat dalam kunjungan kerja ke Padang pada Senin.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 19 perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Masjid Jamiatul Huda Ketaping, Padang.

Menyaksikan fenomena tersebut Presiden memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk segera menyelesaikan sertifikat wakaf tempat ibadah. Ia mengatakan dengan dibagikannya sertifikat maka tidak ada lagi peluang untuk terjadinya sengketa lahan karena sudah ada bukti hak atas tanah untuk masjid, mushalla, madrasah dan pondok pesantren.

Sementara Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan di kota-kota besar selalu ada konflik soal tanah bahkan ada yang berlangsung lama.Ia menceritakan tanah wakaf juga bisa menjadi lahan sengketa kendati yang mewakafkan adalah kakek namun oleh cucunya digugat lagi. Oleh sebab itu ia mengajak semua pengelola tanah wakaf untuk segera mengurus sertifikat tanah dan dalam tahun ini ditargetkan akan rampung 1.500 sertifikat.

Turut hadir dalam kunjungan Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 71 = 73