Polres Tanah Datar Bekuk 3 Pria Pencuri Kartu ATM

Polres Tanah Datar Bekuk 3 Pria Pencuri Kartu ATM
Tiga pelaku pencuri kartu ATM saat diamankan di Polres Tanah Datar.

 

Minangkabaunews

TANAH DATAR – Polres Tanah Datar melalui Satuan Reskrim berhasil meringkus tiga tersangka pencurian ATM di atas angkuta umum, setelah sebelumnya berhasil menggasak tabungan korban sebanyak Rp.35 juta. Kemudian korban Sabtu 11 Agustus 2018 lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tabah Datar dengan laporan polisi nomor.LP/147/VIII/2018/SPKT.

Korban Nur 50 tahun Warga Saruaso Kecamatan Tanjung Emas baru mengetahui jika ATM-nya hilang, ATM yang hilang tersebut kebetulan nomor pinnya berada pada plastik dompet pembungkus ATM.

Selanjutnya diterima notifikasi SMS Banking oleh korban secara beruntun dengan adanya penarikan uang pada tabungannya sebesar 35 juta rupiah.

Pada Selasa (14/8/2018) atas laporan pencurian tersebut dari hasil penyelidikan dan pengungkapan Satuan Reskrim Polres Tanah Datar dengan konfirmasi kepada Bank Nagari Cabang Batusangkar serta melakukan penelitian print out rekening korban, bahwa telah terjadi transaksi tarik tunai Via ATM Bank Nagari Tabek Patah senilai 5 juta rupiah dan selanjutnya transfer ke Rekening BSM a/n Yu C alamat Lubuk Sikaping yang diketahui ATM-nya telah dikuasai oleh kakaknya.

Selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Pihak Bank Syariah Mandiri dari hasil penelitian melalui korban, pihak bank masing-masing, penyidik telah mendapatkan siapa pelaku yang diketahui dilakukan oleh komplotan khusus pencurian ATM di Sumatera Barat yang mana dilakukan oleh pelaku di Tanah Datar sebanyak 6 kali.

Polres Tanah Datar bergabung dengan Polres Pasaman, selanjutnya menangkap pelaku A/n IBY sebagai eksekutor dan dua pelaku lainnya. Dari hasil ke tiga pelaku tersebut masih tersisa uang Rp 6.200.000 dan gelang emas senilai Rp 4.500.000 dan total uang yang masih tersisa Rp 10.700.000.

Atas perbuatannya, pelaku terancam Pasal 362 ,363 ayat 1 ke 4 KUHP dan pelaku mendekam di Rutan Polres Tanah Datar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 13 = 22