Polda ungkap peredaran narkoba jaringan internasional, barang bukti 5 kg sabu-sabu

Polda Sumatera Barat menangkap seorang pria berinisial CRT (27) yang diduga sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu seberat lima kilogram di salah satu hotel berbintang di Jalan Sudirman Kota Padang, Sumatera Barat pada Jumat (1/6).

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal saat memberikan keterangan pers di Padang, Senin, mengatakan ini merupakan pengungkapan kasus narkoba dengan barang bukti terbanyak yang dilakukan oleh jajarannya.

Pelaku ini diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu ini dari Malaysia menuju Provinsi Riau menggunakan jalur laut. Setelah itu dia membawa barang tersebut ke Kota Padang melalui jalur darat, pelaku berencana akan membawa barang ini ke Jakarta melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Untuk mengelabui petugas, pelaku memasukkan sabu-sabu ke dalam beberapa kantong plastik makanan ringan dan disimpan dalam sebuah koper berukuran 10 inci.

Sementara Direktur Narkoba Polda Sumbar Kombes Pol Kumbul KS mengatakan pengungkapan ini berawal dari informasi bahwa akan masuk narkoba jenis sabu-sabu ke Sumatera Barat pada bulan Ramadhan, sabu-sabu tersebut hanya singgah di Kota Padang lalu dibawa ke Jakarta.

Tersangka akhirnya diketahui berada di hotel yang berada di Jalan Sudirman, pihaknya langsung melakukan pengintaian dan masuk ke kamar pelaku di lantai tujuh. Pihaknya menemukan barang bukti namun pelaku masih berada di luar hotel.

Tersangka disangkakan pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 2 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun kurungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 6