PLN Lirik Pengembangan Listrik dari Arus Air Laut

Dimas Setiawan
 
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN mengaku tertarik mengembangkan sektor kelistrikan berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) yang memanfaatkan energi dari arus air laut.
 
Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan baru-baru ini terdapat kajian pengembangan sektor kelistrikan berbasis EBT arus air laut.
 
Menurutnya, tarif listrik yang dihasilkan bisa hanya US$0,0718 per kWh atau jauh lebih rendah dibandingkan tarif listrik energi fosil yang masih di kisaran US$17 per kWh.
 
Direktur Pengadaan Strategis PLN Nicke Widyawati menyatakan PLN siap mengecek dan bila memungkinkan ikut menerapkannya juga. Namun, Nicke masih enggan berbagi proyeksi lebih jauh.
 
Penerapan itu juga bisa memberikan sumber energi baru bagi pengadaan listrik guna mengejar target 35 ribu megawatt (MW) seusai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Nicke menyakini, tarif listrik rendah itu bisa membuat seluruh masyarakat dijangkau oleh listrik, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

74 + = 82