Pertumbuhan Penduduk Bukittinggi Tertinggi di Sumbar

Pertumbuhan Penduduk Bukittinggi Tertinggi di Sumbar

BUKITTINGGI, HALUAN—Laju pertumbuhan penduduk di Bukittinggi mencapai 1,77 persen dengan tingkat kepadatan 4.858 jiwa per kilometer. Sementara itu, jumlah penduduk Bukittinggi saat ini sebanyak 122.621 jiwa.

Menurut Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias angka ini menunjukkan pertumbuhan penduduk Bukittinggi lebih tinggi daripada pertumbuhan penduduk Sumbar. Karena itu, permasalahan tersebut harus disikapi bersama, terutama meremuskan berbagai program antisipasinya.

“Kita harus merumuskan program kegiatan guna mengendalikan kependudukan, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya,” ujar Ramlan.

Menurutnya, pertumbuhan penduduk tersebut pada akhirnya juga bakal berpengaruh terhadap angkatan kerja dan pencari kerja.

“Laju pertumbuhan penduduk Sumbar baru mencapai persentase 1,26 persen, sedangkan kota Bukittinggi sudah pada kisaran 1.77 persen,” ucapnya.

Ia meminta semua aparat Pemko Bukittinggi untuk menggenjot kualitas pelayanan administrasi  umum maupun penyediaan sarana dan prasarana. Ia juga meminta aparatnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung.

“Isu ini mesti kita bahas pada forum SKPD sehingga dapat dirumuskan berbagai program dan kebijakan,” tutur Ramlan.

Selain itu, ia juga melihat pertumbuhan ekonomi Bukittinggi mencapai 6,12 persen jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sumbar, yakni 5,41 persen. Pertumbuhan ekonomi Bukittinggi tersebut merupakan peringkat keempat dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Karena itu pula, menurutnya, diperlukan peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang dibutuhkan, seperti prasarana jalan, kesehatan, pendidikan, perekonomian masyarakat, objek wisata, dan pendukung kepariwisataan, serta air bersih.

“Permasalahan ini mesti kita jawab dan carikan solusinya bersama-sama seluruh SKPD,” ucapnya. (h/ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 6 = 1