Pertama di Sumatera Barat, Polresta Solok Punya Ruang Laktasi dan Bermain Anak

Pertama di Sumatera Barat, Polresta Solok Punya Ruang Laktasi dan Bermain AnakKapolres Solok Kota, AKBP Dony Setyawan, SIK, MH. didampingi Kasat Lantas, Iptu Rifaizal Samual meresmikan pemakaian ruang bermain anak,ruang ibu menyusui dan Visualisasi digital layanan informasi Satpas SIM Satlan 

 

SOLOK,  Untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat sekaligus meningkatkan angka pemberian ASI (Air Susu Ibu) eklusif serta mengurangi jumblah bayi penderita kurang gizi,Satuan Lalu Lintas Polres Solok kota melakukan inovasi terbaru dengan menyediakan ruang laktasi dan ruang bermain bagi anak.

Selain ruang bermain anak dan ruang laktasi, Satlantas Polres Kota juga membuat visualisasi digital layanan informasi Satpas untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui mekanisme pembuatan SIM, Siaran televisi, dan penerangan SIM dalam bentuk slide untuk lebih memudahkan masyarakat dalam memahami segala hal berkaitan dengan peraturan lalu lintas.

Kapolres Solok Kota,  AKBP Dony Setyawan, SIK, MH. saat meresmikan pemakaian ruang bermain anak,ruang  ibu menyusui dan Visualisasi digital layanan informasi Satpas SIM Satlantas Polres Solok Kota,Rabu (10/1) mengatakan, inovasi yang dilakukan Satlantas ini  untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat khususnya masyarakat  yang sedang mengurus pembuatan SIM.

“Inovasi dari Satlantas ini bertujuan untuk  memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya masyarakat di wilayah hukum Polres Solok Kota. Disamping itu juga untuk memaksimalkan program Quick wins nomor 8 terkait pelayanan publik, sehingga memudahkan masyarakat dalam proses pembuatan SIM,”ujar  Donny Setiawan.

Lebih jauh dikatakannya, penyediaan ruang laktasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian jajaran Polres Solok Kota bagi kaum perempuan yang sedang mengurus pembuatan SIM atau megurus keperluan lainnya.

Dengan adanya fasilitas ini maka kaum perempuan bisa memberikan hak anak berupa ASI eksklusif  secara terus menerus selama enam bulan pertama.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa ASI ekslusif merupakan hak anak yang harus diberikan ibu, meski dalam kondisi bekerja. Karena itu  kami tak ingin ada kasus gizi buruk yang muncul lantaran ibu- ibu tak bisa memberikan ASI ekslusif  karena sedang berurusan dengan polisi,”kata Donny Setiawan.

Sementara itu Kasatlantas Solok Kota Iptu Rifaizal Samual, SIK mengtakan, peresmian pemakaian ruang bermain anak,ruang  laktasi dan Visualisasi digital layanan informasi Satpas SIM Satlantas ini diselingi dengan acara Coffee morning bersama Pejabat Utama Polres Solok Kota dan Wartawan.

“Pada tahap uji coba, ternyata ruangan ingi sangat membantu kaum perempuan yang sedang mengurus SIM. Si ibu bisa menyusui anaknya dengan tenang diraungan yang bersih dan nyaman. Sedangkan anaknya juga bisa bermain dengan bebas di ruang bermain anak, bahkan ada diantara anak-anak itu tak mau pulang karena asyik bermain,”ujar Rifaizal Samual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1