Penukaran Uang di Sumbar, Rp5 Miliar Cuma Empat Hari

Bank Indonesia kantor Perwakilan Sumatra Barat melaporkan, bahwa transaksi penukaran uang pecahan kecil di provinsi itu sudah mencapai Rp5,11 miliar hanya dalam waktu empat hari, 28-31 Mei 2018. Penukaran uang pecahan kecil untuk menyambut lebaran Idul Fitri memang tergolong tinggi di Sumatra Barat. Angka total transaksi selama empat hari itu pun sebenarnya belum dihitung dari penarikan tunai di kantor-kantor bank, melainkan sebatas transaksi penukaran.

Bank Indonesia kantor Perwakilan Sumatra Barat bahkan menyiapkan uang pecahan kecil lebih besar dibanding tahun sebelumnya, yakni Rp3,8 triliun atau naik 11 persen dari tahun 2017 yang Rp3,4 triliun. Warga yang ingin menukarkan uang pecahan kecil dapat dilakukan di loket yang sudah disiapkan, yaitu di kantor BI Sumatra Barat di Jalan Sudirman, Kota Padang. Layanan itu dibuka sejak 21 Mei dan ditutup hingga 7 Juni.

Petugas melayaninya tiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 08.30 WIB sampai 13.00 WIB. BI juga bekerja sama dengan sejumlah bank lain seperti Bank Nagari, BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BCA.

BI menghimbau masyarakat untuk menukarkan uang di loket yang resmi disediakan dan tidak menukarkan uang di pinggiran jalan. Hal itu demi keamanan dan untuk mencegah dugaan peredaran uang palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =