Penerimaan Siswa SMA/SMK Online, Perhatikan Hal Ini

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman sampaikan keterangan pers (yose)

 

 

 

 

PADANG – Dinas Pendidikan Sumatera Barat membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA/SMK secara online pada 25 hingga 29 Juni mendatang. Siswa diharapkan bisa mensiasati agar bisa mendapatkan sekolah favorit sesuai dengan nilai.

“Kita harap siswa dapat mensiasati dan mengukur kemampuan dalam memilih sekolah nanti,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman, Kamis (21/6).

Disebutkannya, sistem yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Sumbar tidak seutuhnya online, namun hanya sejumlah tahapan saja, seperti untuk mengisi data dan keterangan siswa tetap melalui lembaran kertas yang sudah di download di www.ppdbsumbar.id.

Kemudian lembaran tersebut diserahkan pada petugas yang berada pada satuan pendidikan yang ditetapkan. Kemudian, petugas yang akan meng-upload dalam bentuk online. Perengkingan di sekolah dilakukan online.

Untuk pendaftaran, Disdik Sumbar menetapkan secara zonasi, zona ditetapkan sesuai dengan daerah kabupaten dan kota. Jika memilih sekolah di luar zonasi, hanya diberikan peluang satu kesempatan. Itupun masing-masing sekolah hanya menyediakan 5 persen dari keseluruhan kuota penerimaan di sekolah tersebut.

“Kota Padang contohnya, hanya satu zona, dalam Kota Padang silakan memilih SMA dan SMK yang diinginkan, kalau ada yang dari luar daerah, itu diluar zona,” ungkapnya.

Cara pendaftaran, siswa dapat memilih dua SMA dan dua SMK. Khusus untuk SMK, bisa memilih dua SMK yang berbeda, atau dua jurusan dalam satu SMK. Pilihan siswa akan ditentukan pilihan pertama dan kedua.

Perengkingan siswa hanya dilakukan untuk pilihan sekolah pertama, sementara untuk sekolah pilihan keduanya hanya berlaku dalam bentuk cadangan. Siswa yang sudah mendaftar pada salah satu operator telah terdaftar resmi tidak dapat mengubah pada pilihan sekolah lain.

“Jadi di pilihan sekolah kedua itu tidak direngking, hanya dalam bentu cadangan pula. Jika pada pilihan kedua nilianya tertinggi cadangan, maka dia akan masuk,” ungkapnya. (yose)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 − 24 =