Pemkot Padang Minta Warga tak Buang Sampah Sembarangan

Wisatawan memadati kawasan wisata Pantai Cimpago dan Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Sumatra Barat pada Senin (25/12). Pemkot Padang mencatat, kunjungan wisatawan pada akhir 2017 ini naik 30 persen dibanding tahun lalu.

Wisatawan memadati kawasan wisata Pantai Cimpago dan Pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Sumatra Barat pada Senin (25/12). Pemkot Padang mencatat, kunjungan wisatawan pada akhir 2017 ini naik 30 persen dibanding tahun lalu.

 

 

 

 

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Pejabat Sementara Wako Padang Alwis mengingatkan masyarakatdan wisatawan untuk berdisiplin dalam mengelola sampah selama liburan lebaran 1439 Hijriah.

“Seperti di tempat wisata, kebersihan dari sampah jelas harus dijaga untuk memberikan kenyamanan dalam liburan,” ujarnya di Padang, Ahad (16/6).

Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan seperti menyediakan tempat sampah di objek wisata. Meski begitu ia meminta warga membawa sendiri kantung plastik untuk mengumpulkan sampah masing-masing kemudian membuangnya di tempat pembuangan sampah.

Pada tempat-tempat yang sudah dilengkapi tempat sampah seperti di Pantai Cimpago Padang warga diharapkan tertib memanfaatkannya. Bagi pedagang atau pengelola rumah makan juga secara disiplin dapat menyediakan tempat sampah representatif agar sampah tidak bertebaran di sepanjang objek wisata.

Termasuk masyarakat yang berkunjung ke arena bermain, tempat perbelanjaan atau sarana pemandian diharapkan dapat menjaga ketertiban akan sampah tersebut. Untuk kebersihan sarana selama libur lebaran pihaknya telah mengerahkan relawan kebersihan dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan juga kelompok sadar wisata di sekitar objek wisata.

Hanya saja dengan personel yang ada saat ini jumlahnya terbatas, bantuan masyarakat tentu akan memberikan sumbangsih yang banyak. Dia memprediksi semakin banyaknya wisatawan yang hadir di Padang, tentu konsumsi akan meningkat yang sebagian sisanya berupa sampah. Untuk itu dengan pengelolaan sampah yang baik akan membantu kinerja pemerintah.

Saat ini ada sektar 54 rumah makan direkomendasi yang telah memiliki tempat sampah representasi. Namun ada ribuan rumah makan dan tempat jajanan di kota tersebut dan sebagian tak memiliki tempat sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 30 = 38