Pemko Padang Buka Posko Satgas Saber Pungli

Pemko Padang Buka Posko Satgas Saber Pungli

Walikota Mahyeldi resmikan posko Satgas Saber Pungli. Kamis (19/7)

 

 

 

 

 

PADANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, mendirikan Posko Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Markas Komando (Mako) Sat Pol PP Padang, Kamis siang, (19/7/2018). Masyarakat yang mengetahui ataupun menjadi korban praktek pungutan liar (pungli) bisa langsung mengadukan ke posko tersebut.

Walikota Padang H. Mahyeldi, SP mengungkapkan pihaknya terlebih dulu memastikan Satgas Saber Pungli sendiri bersih dari tindakan pungli. Barulah setelahnya, melaksanakan tugas untuk membersihkan pemerintahan daerah dan instansi penegak hukum dari pungli.

“PNS dan aparat penegak hukum harus bersih dari pungli. Karena tidak menutup kemungkinan, di internal juga ada pungli,” kata Mahyeldi usai peresmian posko satgas pungli di Markas Komando (Mako) Sat Pol PP Padang, Kamis siang (19/7/2018).

Walikota Padang H. Mahyeldi mengatakan, pembentukan posko merupakan kerja sama dari instansi pemerintah kota, kepolisian dan TNI. Setiap harinya disiagakan sebanyak empat personel di posko untuk menindaklanjuti aduan warga.

“Selain melalui telepon dan media sosial, warga juga bisa datang ke posko. Nanti akan ada petugas yang melayani,” pungkasnya.

Dijelaskan Mahyeldi, pelaporan dari warga akan ditindaklanjuti oleh petugas ke bagian penindakan. Setiap aduan nantinya akan diselidiki kebenarannya oleh Tim intelejen.

Mahyeldi pun berharap dengan tegas agar Kota Padang bebas dari setiap bentuk praktek pungli. Baik oleh aparatur sipil negara (ASN), maupun oleh masyarakat atau kelompok masyarakat. Sebab selain bertentangan dengan aturan hukum negara juga tidak dibolehkan dalam agama.

“Oleh sebab itu, kita semua perlu kerja keras untuk terus-menerus menekannya sehingga kota yang cintai ini terbebas dari praktek pungli. Untuk lebih optimalnya pelaksanaan tugas Tim Saber Pungli tentu harus didukung oleh sebuah posko representatif yang berfungsi sebagai sekretariat tim. Alhamdulillah, hari ini kita resmi memiliki posko, semoga dapat melancarkan fungsi-fungsi setiap kelompok kerja (pokja) ke depan,” harap wako dalam kegiatan yang dihadiri Wakapolresta Padang, AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang juga Ketua Tim Saber Pungli Kota Padang itu.

Seperti diketahui, fungsi-fungsi dari Tim Saber Pungli Kota Padang beberapa diantaranya seperti fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi. Sebagaiman unsur yang terlibat dalam Tim Saber Pungli yakni Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan OPD terkait di lingkup Pemko Padang.

“Semoga keberadaan Posko Saber Pungli ini akan memberikan keefektifan dan keefisienan masing-masing pokja dalam melakukan koordinasi secara intens. Baik dalam merumuskan kebijakan dan program serta solusi-solusi terkait mengatasi dan mencegah pungli di kota ini,” ujarnya.

Lebih lanjut kata walikota, atas nama Pemerintah Kota Padang juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Tim Saber Pungli yang telah bekerja keras melakukan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan praktek-praktek pungli di Kota Padang. Baik melalui sosialisasi yang tidak henti-hentinya di lingkungan sekolah, kelurahan dan kelompok masyarakat.

Tak hanya itu, Tim Saber Pungli Kota Padang juga telah melakukan penindakan seperti pada waktu libur lebaran lalu. Penindakan itu tidak saja pada tempat-tempat wisata namun juga pada kawasan fasilitas umum lainnya seperti di kawasan pasar, Gor H. Agus Salim dan beberapa pusat perbelanjaan.

“Upaya penindakan ini demi memberikan efek jera kepada masyarakat dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga bagi pengunjung yang datang ke Kota Padang,” tandas Wako.

Sementara, Ketua Tim Saber Pungli Kota Padang AKBP Kobul Syahrin Ritonga menyampaikan keberadaan Posko Saber Pungli tersebut sangat penting dan strategis bagi kelancaran tugas tim ke depan dalam pemberantasan pungli.

“Posko ini ke depannya secara bertahap akan kita lengkapi berbagai fasilitasnya disertai dukungan anggaran sehingga dapat berfungsi secara maksimal,” sebutnya didampingi Wakil I Satgas Saber Pungli Kota Padang, Corri Saidan.

Dalam peresmian Posko Saber Pungli Kota Padang ini juga dihadiri Kapolresta Padang, Dandim 0312/Padang, Kajari Padang serta pimpinan OPD terkait. (RI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 − = 44