Pemerintah Beri Sinyal Harga BBM Naik Setelah Lebaran

Pemerintah Beri Sinyal Harga BBM Naik Setelah Lebaran

JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga Lebaran. Namun, tidak bisa menjamin harga BBM masih tetap sama setelah Lebaran, mengingat harga minyak dunia terus bergerak naik.

Menurutnya, jika harga BBM tidak dinaikkan sementara harga minyak dunia sudah menunjukkan tren kenaikan, maka yang terbebani adalah kas negara. Sebab, subsidi bisa membengkak jika harga BBM tidak mengalami kenaikan.

Dia mengatakan, kenaikan subsidi bisa mencapai Rp60 triliun jika harga BBM masih tetap. Namun di sisi lain, jika harga BBM dinaikkan maka yang terbebani adalah angka inflasi nasional. “Kalau naik, tentu inflasi akan naik. Kita sudah hitung kalau naik segini, inflasi segini,” tuturnya.

Sebab itu, pemerintah saat ini tengah mencari titik optimum untuk harga BBM agar inflasi bisa tetap terjaga dan subsidi tidak membengkak.
Namun, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menyatakan, keputusan mengenai harga BBM ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sekadar informasi, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, pemerintah mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp77,3 triliun. Angka tersebut, terdiri dari subsidi BBM dan elpiji sebesar Rp32,3 triliun, dan subsidi listrik sebesar Rp45 triliun.

Sumber : Sindonews

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 9