Pembangunan Pasar Raya Padang Dilanjutkan Tahun Ini

Padang, (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar melanjutkan pembangunan gedung serta penataan lingkungan Pasar Raya dan beberapa pasar satelit pada tahun ini.

“Pasar Raya akan diselesaikan penataan Pasar Inpres dan kemudian pembangunan fase, dan beberapa pasar pembantu akan direnovasi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal di Padang, Rabu (17/1).

Khusus Pasar Raya yang akan disiapkan menjadi salah satu pusat perdagangan di Sumbar telah dirampungkan bangunan untuk inpres Blok I, II, III dan IV, tinggal melakukan relokasi pedagang di sekitarnya.

Meskipun demikian pedagang yang sebelumnya berjualan acak dan tersebar saat ini telah masuk di kios yang ada di empat bangunan tersebut.

Sementara yang masih menjadi pekerjaan yakni relokasi pedagang yang berjualan di depan bangunan, sisi dan belakang pasar.

Kemudian usai itu akan direnovasi bangunan Pasar Raya Fase, Merlin dan Blok A yang mana untuk fase beberapa gedung telah dikosongkan seperti di Padang Teater.

Pada beberapa sisi pasar juga terdapat trotoar dan area parkir ke depan akan ditingkatkan.

Hal lain yang akan ditata yakni lalu lintas seperti di depan Matahari lama dan depan Pasar Raya Inpres.

Pihaknya bersama Dinas Perhubungan tengah merancang lalu lintas di pasar tersebut, termasuk keberadaan terminal angkutan kota.

“Pasar satelit juga jadi fokus pembangunan infrastruktur tahun ini,” kata dia.

Sebagai contoh di Pasar Belimbing di Kecamatan Kuranji yang saat ini telah rampung satu bangunan dan pedagang telah direlokasi.

Beberapa bulan ke depan akan dibangun dua hingga tiga bangunan blok lainnya di pasar tersebut.

Kemudian akan ditata pasar lainnya antara lain di Siteba, Alai, dan Lubuk Buaya.

Sementara itu salah satu pedagang di Pasar Raya Shanty (29) mengatakan penataan Pasar Raya saat ini memiliki konsep yang jelas dari beberapa tahun ke belakang.

Bila dulu kata dia pedagang ditertibkan Pol PP tanpa diberikan tempat berjualan, saat ini pedagang sedikit nyaman karena diakomodasi untuk berjualan.

Meskipun demikian faktor keamanan di pasar tetap harus jadi fokus pemerintah guna memberikan kenyamanan pembeli dan pedagang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =