Padang tetap laksanakan pesantren ramadhan di masjid

Pencanangan Pesantren Ramadhan. (Dok Humas Pemkot)

 

 

 

 

Padang, (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Kota Padang, Sumbar, tetap melaksanakan Pesantren Ramadhan 1439 Hijriah di masjid dan mushala pada 21 Mei hingga 2 Juni 2018.

“Pesantren dilaksanakan oleh siswa kelas empat SD hingga tiga SMP, tetap di masjid dan mushala dekat tempat tinggal. Hanya siswa SMA di sekolah” kata Kepala Bagian Kesra Sekretaris Daerah Kota Padang Jamilus menanggapi adanya kabar pesantren Ramadhan SD/SMP di sekolah di Padang, Minggu.

Pesantrenn ramadan di Padang diperkirakan diikuti 6.000 pelajar yang tersebar di 1.000 masjid dan mushala pada 104 kelurahan di Padang.

Pencanangan telah dilakukan serentak pada 11 Mei lalu dan akan dilaksanakan selama dua minggu serta setiap hari, kecuali tanggal 25 Mei dan 1 Juni diliburkan.

Sama seperti tahun sebelumnya kata Jamilus, materi pesantren masih seputar iman, akhlak dan budi pekerti.

Untuk tahun ini tema yang diangkat yakni membentuk generasi rabbani yang terbebas dari maksiat.

Fokusnya menjadikan anak menghabiskan waktunya di masjid selain melaksanakan shalat Subuh, dan Tarawih, juga melaksanakan tadarus.

Rencananya akan ada seribu lebih tutor atau pembimbing pesantren tersebut yang akan melakukan pengawasan dan pengajaran.

Di samping melaksanakan pesantren, pihaknya juga melakukan penilaian untuk penyelenggaraan pesantren terbaik dengan apresiasi dan trofi.

Terkait pengamanan pesantren, pihaknya akan melibatkan berbagai pihak termasuk kepolisian, Pol PP, diharapkan dukungan ini ikut memberikan kelancaran selama kegiatan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − = 9