Novanto Nantikan Kejelasan Status Perlindungan Saksi

Novanto Nantikan Kejelasan Status Perlindungan Saksi

Jakarta: Meski Setya Novanto sudah mengajukan permohonan Justice Colabolator (JC) kepada pihak KPK, namun hingga saat ini pihak KPK masih belum memberikan kejelasan status bagi Novanto. Termasuk terkait pemberian perlindungan saksi bagi Novanto dan keluarganya belum di berikan oleh pihak KPK.

“Pihak kuasa hukum dan Novanto masih menunggu kejelasan sikap dari KPK, termasuk dalam memberikan perlindungan itu juga yang kita mau dengar,” jelas Kuasa Hukum Novanto Maqdir Ismail.

Maqdir mengatakan pihaknya belum melihat adanya keseriusan dari pihak KPK, sebab menurut dirinya segala kewenangan terkait JC berada dipihak KPK. Oleh karenanya langkah selanjutnya sangat tergantung dari KPK,  apakah serius dalam menanggapi apa yang disampaikan oleh Novanto.

Pihak kuasa hukum Novanto mengaku tidak memahami bagian mana yang dianggap oleh penyidik masih kurang  berlebihan dari keterangan kliennya.  Dia beranggapan kliennya sudah menyampaikan sebagian informasi kepada penyidik KPK.

Menurut Maqdir sejauh ini penyidik hanya meminta Novanto untuk mengajukan surat permohonan JC. Namun kenyataannya pihak kuasa hukum tidak pernah tahu apa jawaban dari pihak KPK terkait diterima atau tidaknya status pengajuan JC kliennya.

“Seperti yang sampaikan tadi, kalau ada yang kurang itu yang mana, kalau hanya ditanggapi dari berita saja itu tidak pas rasanya. Sebaiknya pihak KPK memanggil Novanto secara layak di gedung KPK, dalam arti diajak bicara. Kan tidak perlu melalui masangger-masangger begitu,” terang Maqdir.

Bahkan menurut dirinya jika pihak KPK serius maka seharusnya pimpinan KPK yang meminta Novanto untuk bertemu mereka dan berbicara blak-blakan. Selain itu diharapkan pihak Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) juga dihadirkan untuk menciptakan adanya keadilan.

“Jangan hanya meminta satu pihak melakukan sesuatu tetapi pihak KPK diam saja, tidak bisa begitu seharusnya. Sebab apa yang akan dilakukan Novanto adalah membuka kaasus secara benar. itu belum pernah ada diomongin soal perlindungan saksinya,” keluh Maqdir.

Perlindungan bagi keluarga Novanto dipandang penting, sebab perlindungan tersebut akan melindungi Novanto dan keluarganya dari pihak pihak yang akan disebutkan oleh Novanto.

“Katakan nantinya Novanto mengatakan segala macam hal tetapi kemudian didiamkan, kemudian tidak diberikan perlindungan, tentu akan hancur Pak Novanto. Sudah beliau dihukum karena persoalan ini dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi di luar,” jelas Maqdir.

Terkait kapan Novanto akan membuka nama-nama tersebut, Maqdir minta semua pihak harus sabar. Novanto hanya akan berbicara ketika dirinya sudah diperiksa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 13 = 18