Menlu Rusia Tuding AS Penyebab Ketidakstabilan Dunia

Menlu Rusia Tuding AS Penyebab Ketidakstabilan Dunia

Menlu Rusia sebut AS penyebab ketidakstabilan dunia. (Foto: AFP).
Moskow: Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menuduh Amerika Serikat (AS) sebagai penyebab ketidakstabilan dunia. Dia mengumumkan daftar keluhan mengenai kebijakan luar negeri Presiden AS Donald Trump.
Lavrov, dalam pernyataan pers tahunannya mengatakan AS diperkirakan akan kembali memberikan sanksi pada Rusia. Pasalnya, Rusia dianggap ikut campur dalam pemilihan umum AS pada 2016 lalu.
Dia juga mengkritik AS karena telah mengeluarkan ‘ancaman’ reguler terkait dengan kejadian di Korea Utara dan Iran. Dia menuturkan AS penyebab ketidakstabilan dalam situasi global.
“Amerika Serikat cukup jelas mengatakan bahwa konfrontasi militer tidak bisa dihindari, namun, setiap orang memahami konsekuensi bencana dari kecerobohan semacam itu,” ujarnya menanggapi ketegangan di Semenanjung Korea, seperti dilansir dari CNN, Selasa 16 Januari 2018.
Dia juga mengkritik AS karena memperluas latihan militer di sekitar Semenanjung Korea. Hal tersebut malah memicu ketegangan baru di kawasan tersebut. Padahal, negara-negara lain mencoba berdamai dengan memulai pembicaraan bersama Pyongyang.
Lavrov, dalam pidatonya mengatakan Presiden AS telah memberikan ancaman keras kepada Korut dan Iran dengan mengirimkan serangkaian unggahan di Twitter.
Trump secara terbuka menertawakan pemimpin Korut di Twitter. Bahkan baru-baru ini Trump juga mengecam Iran karena bersikap represif.
Dia mendukung protes anti-pemerintah yang menentang pemerintah yang berkuasa di kawasan Persia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 1