Maling di Tanjung Barulak Marak, Puluhan Juta Raib, Kapolres Tanah Datar Langsung Ambil Sikap

Maling di Tanjung Barulak Marak, Puluhan Juta Raib, Kapolres Tanah Datar Langsung Ambil Sikap

Kapolres Tanah Datar, AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH di rumdinnya, konfirmasi terkait maraknya aksi maling hasil panen disalah satu nagari, Rabu (14/3)

 

 

TANAH DATAR – Keresahan mulai muncul, terkait maraknya aksi pencurian hasil pertanian masyarakat di Nagari Tanjung Barulak, kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar, Sumbar.

“Dalam 2 bulan terakhir 3 kasus pencurian besar terjadi di wilayah kami, “ungkap salah seorang tokoh masyarakat Dedi Fayed, Rabu (14/3/2018).

Wali Nagari Tanjung Barulak Ir, Irsa Dunnas via telp membenarkan tentang hal itu. “Dalam 2 bulan belakangan, salah seorang pemilik heler di daerah Guguak Cino kehilangan 2 ton beras diperkirakan kerugiannya mencapai 24 juta. Kemudian salah seorang warga bernama Buyung, hasil panen karetnya dengan kerugian berkisar 20 jutaan raib tak beberapa lama setelah itu. Dan salah seorang warga juga harus merelakan padinya digasak maling, dengan nilai berkisar 9 jutaan, ” cerita Irsa (14/3).

Terkait hal ini Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sebelumnya telah memberikan Instruksi kepada seluruh jajarannya tingkat Polsek.

“Beberapa waktu lalu saya telah mengintruksikan para Kapolsek untuk proaktif bersama Forkopimca agar tercipta harkamtibmas diwilayahnya. Termasuk arahan kepada para Bahbinkamtibmas untuk terus berkoordinasi dengan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) setempat terkait keamanan masyarakat, ” ujarnya.

Namun, dikatakan AKBP. Bayuaji bahwa evaluasi kinerja jajarannya setingkat Sektor terus diupayakan.”Jika memungkinkan rotasi jabatan pun bisa saja kita lakukan demi terciptanya Harkamtibmas di Tanah Datar terutama wilayah yang dianggap rawan, “tegasnya.

Disela konfirmasi tampak AKBP. Bayuaji mengambil Pesawatnya (Handie Talkie) dan memanggil Unit Sabhara. “Intruksi kepada Unit Sabhara, untuk rutin berpatroli pada jam malam, terutama didaerah rawan tindakan kriminal” sampainya.

Setelah beberapa saat berkoordinasi dengan Unit Sabhara ia melanjutkan pembicaraan, “Terkait aksi pencurian Di Tanjung Barulak, secara khusus saya akan perintahkan Kapolseknya untuk segera menindaklanjuti, “tegas AKBP. Bayuaji.

Terpisah, Kapolsek Tanjung Emas IPTU. Yandrizal terkait maraknya pencurian di nagari Tanjung Barulak menyatakan bahwa pihaknya kecolongan. “Kami terus melakukan patroli pada malam hari dengan roda empat di jalan-jalan utama, ” ujarnya.

Diterangkan Kapolsek mengenai 3 laporan pencurian yang pihaknya terima, sampai saat ini belum ada titik terangnya. Disampaikan pihaknya bersama wali nagari dan tokoh masyarakat telah melakukan pertemuan.”Kemaren kami telah mengadakan pertemuan, hal tersebut terkait rencana agar digiatkan lagi ronda, “tuturnya.

Lanjut Kapolsek saat didampingi Bhabinkamtibmas, Bripka.Suhasril, bahwa FKPM di Tanjung Barulak ini sebelumnya kurang berjalan. Dikatakannya kedepan direncanakan akan diaktifkan kembali. “Kami tak mungkin bergerak sendiri, dukungan masyarakat sangat kami butuhkan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, ” harap Yandrizal.(romeo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 2 =