Malaysia Tahu Persembunyian Tiga Tersangka Kasus Kim Jong-nam

Kim Jong-nam, putra tertua Kim Jong-Il, melambaikan tangan seusai diwawancarai media Korea Selatan di Macau (4/6/2010). Menurut Dailymail, Jong-nam dikabarkan hidup berpindah-pindah untuk menghindari upaya pembunuhan yang ditujukan kepadanya.  (JoongAng Sunday/AFP/Getty Images)

Kepolisian Malaysia mengetahui tiga warga Korea Utara yang diburu terkait kematian Kim Jong-nam bersembunyi di Kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur. Namun polisi Malaysia belum menjelaskan terobosan untuk membawa ketiganya keluar untuk menjalani pemeriksaan.

Kepala Kepolisian Malaysia, Khalid Abu Bakar menyebut tiga tersangka pembunuh Kim Jong-nam yang bersembunyi di gedung Kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur itu adalah Kim Uk-il, Kwang Hyon Son dan Ri Ji U.

Sebelumnya muncul video warga Korea Utara tersangka pembunuh Kim Jong-nam sedang bermain bilyar di dalam gedung Kedutaan Korea Utara di Jalan Batai, Damansara Heights, Kuala Lumpur.

Tersangka pembunuh Kim Jong-nam yang sedang bermain bilyar itu, menurut media Jepang ANN, adalah Kim Uk-il, staf maskapai penerbangan Korea Utara Air Koryo.

Khalid juga menegaskan bahwa Korea Utara tidak punya kewenangan untuk memeriksa mereka yang terlibat kasus pembunuhan Kim Jong-nam maupun melihat isi dokumen penyelidikan.Namun Khalid mengizinkan mereka untuk berbicara dengan orang lain untuk mendapatkan lebih banyak informasi.

Awal pekan ini dilaporkan beberapa investigator Korea Utara melakukan pemeriksaan mengenai Siti Aisyah, warga Indonesia yang menjadi terdakwa pembunuhan Kim Jong-nam.

Kim Jong-nam tewas diracun saat akan berangkat ke Macau dari bandara internasional Kuala Lumpur, KLIA2 pada hari Senin, 13 Februari 2017.

Dalam kasus ini, pengadilan Malaysia mengadili dua terdakwa pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah warga Indonesia dan Doan Thi Huong warga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 − = 31